Cara Mengafdruk Film Sablon (bag I)

Untuk mencetak sablon (tradisional) di atas permukaan kertas, plastik, atau tekstil, anda perlu memindahkan gambar/desain yang akan dicetak ke kain kasa / screen di rangka sablon. Proses tersebut dinamakan Afdruk. Tahap-tahap pengafdrukan kami jelaskan sebagai berikut:

Dengan menggunakan Kuter/Cutter (lihat gambar 1), oleskan obat afdruk pada kain kasa / screen pada bagian luarnya terlebih dahulu. Dimulai dari bawah kearah atas dengan tekanan yang rata.

Gb 1. Cara Afdruk

Gb 1. Cara Afdruk

Ulangi 1x lagi dimulai dari bawah ke atas  (gambar 2) seraya meratakan obat afdruk yang sudah melapisi kain kasa/ screen tersebut.

Gb 2. Cara Afdruk

Gb 2. Cara Afdruk

Kemudian lakukan seperti tahap 1 & tahap 2 pada bagian dalam kain kasa/screen (gambar 3) sebanyak 2x hingga rata.

Gb 3. Cara Afdruk

Gb 3. Cara Afdruk

Bila obat afdruk sudah merata di semua permukaan kain kasa /screen maka dilanjutkan dengan proses pengeringan di tempat yang tidak terlalu banyak cahaya (Tidak terkena cahaya langsung) hingga seluruh permukaan kain kasa yang masih basah oleh obat afdruk menjadi kering.
Pengeringan dapat dilakukan dengan menggunakan hairdryer / oven atau kipas angin yang diarahkan ke permukaan screen (gambar 4).

Gb 4. Cara Afdruk

Gb 4. Cara Afdruk

Tahap selanjutnya dengan menaruh gambar film / setting yang hendak di afdruk diatas kain kasa/ screen (gambar 5). Sebagai perekatnya dapat menggunakan selotip (cellotape).

Gb 5. Cara Afdruk

Gb 5. Cara Afdruk

Perlu diperhatikan:
Dalam meletakkan film harus terbalik/ dalam dunia percetakan disebut sebagai reverse image (tidak terbaca) seperti gambar 5b di bawah ini.

Gb 5b. Cara Afdruk

Gb 5b. Cara Afdruk

Catatan: Kami sengaja mengaburkan sebagian gambar di atas untuk melindungi privasi data klien kami.

Untuk tahap berikutnya yaitu penyinaran dan pengembangan gambar di kain kasa, akan kami bahas di tulisan yang akan datang. Untuk sementara ini bila anda mempunyai pertanyaan, saran, atau komentar, silakan tulis di bagian komentar blog ini.

Kami harap anda dapat mengambil manfaat dari tulisan ini dan kembali mengunjungi kami untuk mempelajari bagian II Cara Mengafdruk Film ke Kain Kasa Sablon.

179 thoughts on “Cara Mengafdruk Film Sablon (bag I)

  1. Tuty

    Apa merek obat afdruk yang bagus?

    jawab:
    Pada umumnya semua obat afdruk bagus, tidak ada yang jelek dan tidak ada pula yang paling bagus, semua ada plus minusnya.

  2. hardjanto

    untuk afdruk, mana yg paling bagus dan mudah dengan sinar matahari atau lampu neon ?

    Yang paling bagus adalah dengan menggunakan lampu neon, karena
    waktu, besarnya cahaya serta bidang yang di sinari dapat merata
    disemua bidang yang diafdruk.

  3. choirul

    mas, mau tanya ne..q dah ngikutin smua cara yang tertera di atas,tp kq msh g bs yaw….desainx kq g bisa tembus waktu di semprot air???itu yang salah kira”apanya yaw…thanks b4…

    Salam kenal mas Choirul,
    klo gbr tidak bisa tembus waktu disemprot disebabkan karena penyinaran yang terlalu lama,
    Nah untuk itu sebaiknya waktu penyinarannya di kurangi.

    Sebentar lagi saya akan terbitkan “CARA MENGHITUNG WAKTU PENGAFDRUKAN”
    nanti bisa mas baca.

    terima kasih.

  4. b0tak cha0s

    mas bilang kan semua obat afdruk ada plus minus nya..
    nah mas sendiri menggunakan obat afdruk apa???

    mungkin saya bisa menggunakan obat afdruk yg sama untuk mempelajarinya,, masalah selera mungkin bisa sambil berjalan apabila saya sudah bisa untuk mengafdruk gambar..

    trus klo tidak salah obat afdrukitu harus di mix/ dicampur lg yah??

    klo boleh tahu gmn perbandingan pencampurannya??

    thanxz

    obat afdruk itu memang ada campurannya yang disebut
    sebagai sensitiser disingkat SR.

    untuk perbandingannya biasa dicampurkan antara isi botol
    obat afdruk dgn SR 1:1
    setiap membeli obat afdruk sudah termasuk bahan pencampurnya
    itu.

    1. tokodani

      betul ada plus minusnya,
      saya sendiri menggunakan obat afdruk merk winsol untuk menghasilkan gambar di screennya itu.

  5. randy

    terima kasih banget karena selama ini aku hanya bisa nyablonnya aja tanpa bisa afdruk sendiri terima kasih banyak cara-caranya

  6. edhu

    salam kenal boss…aduh seneng deh baca artikel ada gambarnya,..kalau autosol bagus gak boss…terus ada campurannya diapain yah…bingung!!!!
    punya screen bekas nih tapi gak tau cara bersiinnya gimana??..
    makasih boss…semoga tambah sukses

    1. tokodanitokodani

      autosol juga ok mas, jangan bingung dong, kan tinggal dicampurin aja tuh cairan yang berwarna kuning keorenan itu dgn autosolnya.

  7. hery

    Saya tanya, untuk ketebalan olesan obat afdruk berapa ya? Untuk menentukan lama penyinaran apa bisa dilihat dari perubahan warna obat afruk yang jadi lebih gelap?
    Untuk sablon kertas baiknya pakai kerapatan screen berapa?

    1. tokodanitokodani

      ketebalan obat afdruk tidak bisa dihitung secara pasti, karena tergantung kehalusan dari serat kain screen tersebut, semakin kasar kainnya semakin tebal obat afdruknya.

      perubahan warna obat afdruk bukan patokan untuk menentukan lamanya penyinaran, melainkan menentukan kematangan dari exposenya.

      1. Jodi

        Mas Dani, saya baru coba afdruk tadi sore dan alhamdulilah…gagal! Penyinarannya make sinar api kompor minyak, soalnya td udah jam 5.40, saya semprot2 sama sekali gak ada tanda2 bayangan gambar film. :D saya pake screen 48T, film HVS+minyak sayur, dan obat afdruk merk Ulano TZ. Tadi agak bingung, apa obatnya terlalu tebal,atau karna penyinarannya yg melawan kodrat? Obat racikan saya apa perlu menggunakan pengencer? Saya nggak tau pengencernya apa? Saya tidak mau nyerah, terlalu cemen. Semua yang lagi belajar di sini semoga berhasil. Terima Kasih atas ilmunya,Guru. Semoga Sukses dan Bahagia Dunia Akhirat! :)

        1. tokodanitokodani Post author

          Senang rasanya mendengar semangat pantang menyerah, ini yang harus diikuti oleh orang orang yang mudah patah semangat.

          gagalnya tuh dimana? apakah gbr afdrukan tidak terbuka? atau gbr afdrukan sulit dibuka?
          btw itu nyinarin pake sinar api kompor minyak sapa yang ngajarin ???

          gunakan lampu TL

          1. Jodi

            Penyinaran kompor minyak itu ide sesat saya sendiri mas! :D alhasil, sama sekali nggak ada bayangan gambar,dan begitu disemprot obatnya langsung ngalir bersih gitu aja. Obat afdruknya ketebalan atau krn belum kering,ya mas?
            ..kemaren saya coba afdruk lagi. Kayaknya berhasil,soalnya keliatan ada bayangan pola gambar! aku siram,diemin bentar,trus begitu disemprot.. Pola gambarnya kliatan nempel di screen,seneng deh!
            Nah..tadi sore baru siap nyablon! Aku siapin Rubber White, kaca meja tamu dan kaos, trus langsung gesut pake rakel… Berkalikali aku gesut,koq begitu diangkat tinta yg nempel di kaos cuman beberapa titik2? Koq tintanya cuma nembus screen yang kliatan bolong? oh jadi pola gambar di screen harusnya bolong(bukan cuma bayangan),ya mas Dani ya?
            Yes, udah 2x afdruk dan gagal, tadi nyucinya repot banget lagi. :D besok aku mau coba lagi, hajar terus pokoknya! Suatu saat proses afdruk akan menjadi kenangan indah dan akan selalu kita rindukan, bukan ditakuti untuk dilakukan! Ok, Terima Kasih Mas Dani atas motivasi dan ilmu2nya, Semoga Sehat terus dan sukses terus Dunia Akhirat! dan semua yang lagi belajar di sini….Cemungut ea! >,<

          2. tokodanitokodani Post author

            Semoga pengalam ini juga dibaca bagi pemula supaya lebih semangat dalam hal belajar, karena setiap tahapan pasti ada rintangan dan rintangan sebesar apapun tetap harus dihadapi. Hasil apapun yang didapat memang harus di syukuri karena dengan mensyukuri maka hati kita akan terbuka dan semangat tetap akan menyala terus.
            Ayo maju terus sabloners semua!!!

  8. nando bin ibrohim

    mas, gw pemula dan gw pengen tau banyak tentang sablon tradisional,
    kira2 alat apa ajah yg harus gw punya
    terima kasih
    =================
    tokodani

    Yang mas perlu lengkapi adalah :
    1. Screen
    2. Rakel
    3. Tinta Sablon
    4. Pengencer
    5. Obat Afdruk
    6. Penghapus Afdruk

  9. otha

    mas aq mau tanya, merek obat afdruk apa saja sih…. makasih sebelumnlya..
    ———
    tokodani,
    merek obat afdruk cukup beragam mas, banyak pilihannya, kami sendiri
    menggunakan winsol.

  10. Noto Aksoro

    MANTAP . . Informatif sekali. Low, btat nyablo Negatif di PCB (Papan elektronika) pake tinta apa yah. . mas. .

    ————–
    tokodani
    sablon negatif untuk PCB selama ini pelanggan saya menggunakan tinta PVC mas.

  11. pman

    kalo campuran untuk afdrukannya pake apa yah? pake super x atau apa? terus campurannya apa aja dan perbandingan campurannya itu berapa banding berapa?

    1. tokodanitokodani

      campuran untuk obat afdruk itu menggunakan SR singkatan dari sensitizer. carirannya berwarna orange. umumnya dijual 1 paket dgn obat afdruknya.

  12. rasheed

    gimana caranya membuat reverse image supaya hasilnya prima. maksudnya kadang ada desain yang memiliki efek bercak2 gitu. trus supaya hasilnya sama gitu gmn?

    Tokodani
    membuat reverse image & untuk efek bercak bercak sebaiknya menggunaka program photoshop dan di print dgn menggunakan film repro sehingga saat pengafdrukan hasilnya akan sama.

    1. tokodanitokodani

      membuat reverse image & untuk efek bercak bercak sebaiknya menggunaka program photoshop dan di print dgn menggunakan film repro sehingga saat pengafdrukan hasilnya akan sama.

  13. arbi

    salam knl mas…..
    iya setuju tuh sama mas Mif, gimana klw @tokodani bikin tutor jg cara cabut warna / pecah warna CMYK …. :)
    thx b4….

  14. kiki

    mas, klo boleh tau, obat yg bagud buat sablon kaos dan supaya hasilnya sama seperti kualitas distro, nama atau merk obat yang d pakai nya apa ya?
    thanks.

    1. tokodanitokodani

      Kalau mau hasil afdrukan bagus harus keseluruhan perlengkapan yang mendukung mas, bukan dilihat
      dari obat afdruknya saja, jadi bila obat afdruknya berkualitas baik dgn harga yang cukup tinggi namun
      bila perlengkapan dan cara mengafdruknya kurang baik maka hasilnya juga tetap tidak baik.

      maaf disini kami tidak bisa menyebutkan nama produk tersebut yang dikarenakan suatu lain hal, tapi
      bisa hub tokodani untuk info selanjutnya.

  15. Fadlan

    Kami pemula juga, saya minta tolong dikirimkan semua bahan dan peralatan bisa nggak ya? kira – kira anggaran yang diperlukan berapa ya, saya minta rinciannya boleh toh?

    1. tokodanitokodani

      bisa saja untuk dikirimkan bahan dan peralatan sablonnya, untuk anggaran tergantung dari buget dan rencana fokus sablonnya kearah mana gitu.

  16. Adi

    Mas Dani saya mau tanya nih,
    klo screen polos aja tanpa di afdruk bisa gak buat nyablon? saya cuma mau nyoba tinta sablon yang saya buat buat di kaos tapi saya belum punya peralatan sablonnya..

  17. supri

    MAKASIH INFONYA MAS…KEMARIN SALAH BELI TINTA SABLON….PENGENYA TUK SABLON PCB……
    MAS MAU TANYA NIH…. KENAPA YA SETIAP SATU KALI PENYABLONAN TINTANYA KO’ LANGSUNG NEMPEL DI SCREENYA JADI UNTUK SAMBLON YANG KEDUANYA UDAH NGAK BISA LAGI MAS….

  18. arga

    berapa total harga membuat sablon………….?
    klow bisa yang sederhana dengan harga murah….!
    karna ini sablon buat acara/parade punk……..?

  19. SIIN

    mas saya mau nanyak, obat afdruk kan ada dua trus untuk penakarannya berapa banding berapa?? kl misalnya obat nonaktinya 1 sendok makan obat aktifnya berapa tetes????

  20. Didin

    mf mas, sy pemula..
    langkah2nya uda saya coba tapi hasilnya gak sesuai harapan, gambarnya gak pindah ke screen. apa kalkirnya gak diangkat ya mas?

    1. tokodanitokodani

      hemmmm……
      gambarnya tidak pindah ke screen…….

      kemungkinan besar tebakan saya tepat :)
      waktu penyinaran yang terlalu lama, sehingga saat pembukaan gambar tidak terjadi.

  21. dimas

    mas dani yg trhormat…:D q bner2 pemula bgt dlm hal sblon menyablon, q mo nanya krtas yg d pke wat afdruk, pke nya jnis apa. .??? trus mletakkan krtas yg mo d afdruk, tu bagian mana. d bgian dlam to luar screen. .???
    maksih…

    1. tokodanitokodani

      terima kasih kembali sudah mampir di blog tokodani.

      lampu neon yg digunakan ya lampu neon biasa, bisa menggunakan yang 10 / 20 / 40 watt persatuannya,
      tergantung kebutuhan bidang afdruknya.

  22. Defri

    Mas,mau nanya..
    saya baru berminat untuk belajar sablon..
    saya mau nanya..
    1. tu gambar film yg untuk membuat cetakan tu dari kertas ja atw da pula film khusus??
    2. untuk belia alat2 sablon,seperti cairan afdruk, kain kasa tu, atau seperangkat alat sablon lah mas kira2 habiskan biaya brp??
    mohon rinciannya mas termasuk cat nya..
    3. Pembuatan stensil sablon/afdruk pada rangka siap pakai berapa mas??
    trs kek mana caranya ngirim cetakan gambarnya??

    trm kasih y mas..
    mohon bimbingannya..

  23. defri

    mas saya pemula ne mas..
    saya mo nanya:
    1. tu yg film di atas tu buatnya kertas biasa yg udh dbolongi sesuai yg diinginkan atw emg film khusus pula??
    2. untuk perlengkapan sablon,contohnya kain kasa,tinta, n yg lain2, pokoknya semua perlengkapan menyablon lah,membutuhkan biaya brp??
    bisa ksh rinciannya??
    3. untuk cetakan sablon yg dh d afdruk (dh jadi) berpa hrgnya??
    trs objek yg kita inginkan tu dikirim kek mana??
    trm ksh..

    mohon penjelasannya mas..
    saya pemula yg tertarik u usaha sablon..

    1. tokodanitokodani

      jawaban ;

      1. bisa menggunakan kertas HVS yang di print laser lalu hasilnya di fotocopy kalkir

      2. harga kisaran 250 – 350 ribuan tergantung pilihan konsumen.

      3. tergantung ukuran frame dan nomor mess/ kehalusan screennya.
      objek bisa dikirim via email ke daniscreen@yahoo.co.id

      Semoga jelas penjelasan ini.
      salam
      tokodani

  24. irjason

    pak dani,,mohon bantuannya ya..
    desainan saya pke photoshop ada 3 warna.
    bwt misahin warnanya gmn ya biar lbh cepat&rapi??

    terimaksih

    1. tokodanitokodani

      Maaf saya jarang menggunakan photoshop, kalau tidak salah ada yang namanya magic dibagian menu tool bar diatas
      gunakan yang ada gambar tongkat lalu di klik disemua bagian warna 1 sambil pencet shift lalu di export dan disimpan
      tersendiri, begitu pula dengan warna selanjutnya 2 dan 3, jangan lupa setiap bagian yang sudah di export untuk
      dirubah warnanya masing masing menjadi black.
      bila itu tidak berhasil mungkin ada keterangan saya yang salah, bisa minta tolong pada yang lain yang lebih ahli dalam
      menggunakan photoshop, karena saya lebih terbiasa menggunakan coreldraw.

      salam tokodani

    1. tokodanitokodani

      untuk gbr yang besar atau ketebalan lebih dari 2 mili masih bisa namun hasil afdruk kurang maksimal
      dibanding di print menggunakan kertas kalkir

  25. ponco

    numpang share om dani :)
    untuk teman2 yg ingin pisah warna dengan photoshop
    * image size sebaiknya pada kolom resolution dirubah menjadi 300 pixel,lalu ubah image mode menjadi CMYK color (klik menu image, mode, CMYK)
    * pilih magic wand tool(letaknya tepat di bawah move tools),klik kanan pada gambar,klik color range lalu pilih warna yg ingin di ambil..klik ok!
    lalu akan terlihat garis putus2 pada warna yg kita pilih
    * slanjutnya klik kolom chanel(biasanya ada di kanan bawah, disamping kolom layer atau klik menu window pilih chanel) disitu terlihat CMYK chanel…lalu klik foreground colours,copy angka yg tertera ( kolom disamping tanda # )
    * klik create new chanel(terletak pada bagian bawah kolom chanel) lalu select inverse (Ctrl + Shift + i) lalu delete…
    * double klik chanel thumbnail pada chanel yang baru(disamping gambar mata) lalu klik kolom colour dan paste angka2 yang di copy…jangan lupa opacity nya 100 %
    * create new chanel lagi, lalu diletakkan diatas chanel yang tadi kita buat, warna yang kita pilih akan terlihat terpisah apabila kita visible kan 2 chanel yang baru kita buat tadi
    apabila warna yang lain ikut terambil, kita bisa menurunkan levelnya dengan cara,pilih menu, image, adjustment, level…
    lakukan langkah2 di atas untuk warna selanjutnya!!!
    jika ada yang ingin bertanya message saya saja di fb (ponco noise), teman2 bisa share juga, trutama bagi masters2 photoshop….selamat mencoba dan semoga membantu….chearsssss :)

    1. tokodanitokodani

      Terima kasih mas Ponco atas sharenya, semoga bermanfaat buat semua yang membutuhkan
      tips dan trik nya :)
      Silahkan dicoba buat rekan rekan lainnya.

  26. Pingback: » Blog Archive » Cara Sablon Kaos Step-by-step

  27. diki

    mas mau saya nanya, cara ngilangin afdruk yg membandel gmn ya?
    maslahnya dah d kasih pemutih berkali-kali tetep susah ilang mas..
    mohon bimbinganya mas.

    1. tokodanitokodani

      klik 2x gambar yang ada di corel draw untuk dipindahkan ke corel photo paint, setelah berada di photo paint
      klik tool diatas yang tulisan image lalu klik split chanel to kemudian klik CMYK
      nanti gambar akan terpisah dengan sendirinya sesuai warna CMYK dari gambar yang ada.
      semoga terbantu.

  28. eko

    mas saya udah nyobak ngadruf dan udah jadi mas pada proses adruf nya,tapi pas ngsih tinta kok masih gag bisa yo mas,tintanya t gag bisa nempel di kertas,,,,gatot deh mas

    1. tokodanitokodani

      jangan berkecil hati, coba bersihkan terlebih dahulu tinta yang masih ada di screen,
      setelah itu coba semprot dengan spraygun pada gambar yang tidak tembus tadi.

      semoga berhasil.

    1. tokodanitokodani

      emulsen maksudnya obat afdruk?, kalau itu tidak masalah. boleh boleh saja, asal ditempat yang sejuk
      tidak ditempat yang panas.

  29. soni

    mas dani,,klo sy nuangin obat afdurknya cmn smpe stgah screen aja bs gak mas???masalhnya gambar yg mw sy sablon cmn sedikit mas,,tpi screen sy besar,,jdi siapa tau bs buat menghemat obat afdurknya..
    mhn pjelasannya mas..
    mkash

    1. tokodanitokodani Post author

      Penyinaran dengan matahari berapa detik?
      kalau cuaca terik cukup 5-10 detik, tergantung campuran sensitizer nya, juga tergantung menggunakan kertas kalkir atau kertas HVS yang diminyakin.

      kalau masalah supaya hasilnya bagus, tentu saja film yang untuk mengafdruk juga harus yang baik. Menggunakan film Repro adalah yang the best.

    1. tokodanitokodani Post author

      kalau obat afdruk untuk solven base yang tidak tahan terhadap air maka sebaiknya waktu membersihkan memang tidak disarankan
      untuk menggunakan air, cukup dengan thiner / pengencer dari tinta yang digunakan.

      kalau obat afdruk untuk water base tentu tahan terhadap air, sehingga waktu membersihkan tinta pada screen tidak akan rontok,
      bila tetap rontok maka ada kemungkinan saat proses pengafdrukan. penyinarannya kurang lama sedikit.

  30. Andi

    Bang Dani, mau tamya dikit nih. Saya udah coba afdruk buat design pcb dengan screen T165 cat merek EPI tanpa pengencer apapun, kelihatan afdrukannya sih udah ok, jalur2 halusnya juga terlihat rapi, sewaktu saya coba nyablon di pcb waktu ditekan jg ga masalah tapi begitu saya angkat screennya kok garis2nya pada gemuk2 gak karuan jadinya. Bisa tanya screen dan cat apa yang cocok buat nyablon pcb?

  31. didon

    Pak Dani, kalau mencampur winsol ungu itu takarannya berapa ya? di paket yg saya ambil kemarin ada satu cup berisi emulsi ungu dan satu botol kecil isi cairan merah, cara mencampurnya bagaimana? dan kalau sudah dicampur berapa lama dia bisa bertahan (awet)?

    1. tokodanitokodani Post author

      iya betul itu winsol ungu dengan SR/ sensitizer nya.

      cara yang mudah yaitu 1 sendok winsol dicampur dengan 4 tetes SR.

      kalau sudah dicampur umumnya bertahan 1 minggu dengan penyimpanan yang baik tentunya.

      btw: minta alamat service kameranya dong bos, belum di sms nih.

  32. didon

    trims buat infonya…. sy sudah berhasil bikin sablon kaos saya yg pertama !! Satu yg pakai media extender di kaos putih, dan satu lagi pakai rubber color (kuning + biru) diatas dasar rubber white. Memang sablon bisa jadi hobby yg menyenangkan utk seluruh anggota keluarga…. terimakasih buat Toko Sablon Dani, maju terus pak !!

    ps: sdh di sms kemarin alamatnya, tp nanti saya kirim lagi via email , atau bisa buka di website saya. ;)

    1. tokodanitokodani Post author

      kami gembira mendapat kabar berita bapak telah berhasil menyablon pada kaos dengan ide ide kreatif yang sudah bapak tuangkan diatas kaos. Jangan lupa racuni kawan2nya saat berhunting ya pak. :)

      yang kemarin belum masuk, tadi malam baru aja masuk smsnya pak. Thanks infonya.

  33. septian tri harto

    Selamat maalam mas dani, maaf mas ganggu malam2.
    Mau tanya ,,ada kah untuk campuran cat dasar (rubber white) krna ketika saya mencoba 1 x hasil lumayan ok,tpi ketika ke 2 / ke 3 x nya hasil sablon kurang rata & terlihat bercak (cat tidak padat merata pada kaos) .apakah cat kurang cair?? Apa ada campuran cat lagi agar bisa padat merata ?minta pencerahannya pa dani

    1. tokodanitokodani Post author

      kalau cat kurang cair sudah dipastikan dari awal pertama akan terjadi dan juga saat menarik cat akan terasa berat.

      kalau melihat kronologi yang dijabarkan itu bisa jadi disebabkan oleh tekanan tangan yang tidak stabil.

  34. Alfian Yolandri

    Pak Dani, trima kasih bayak atas infonya. Saya ingin bertanya, untuk menghapus screen jika ingin menggunakan soda api + kaporit , barapa takarannya ? mohon bantuannya trima kasih

    1. tokodanitokodani Post author

      wah sebenarnya soda api + kaporit kami tidak berani merekomendasikan, karena bahan bahan tersebut dapat merusak serat benang screen.
      gunakan saja Esol / seristrip/ autostrip yang jelas jelas aman

  35. asep

    mas tolong saya mau minta pendapat MAS,
    saya klo menyablon pda saat proses penyemprotan film selesai kok afdruk yg d sekitar gambar ikut mengelupas/luntur..,,
    itu apa yg jadi masalah nya….???
    tolong d jawab karena saya sangat tersiksa sekali d proses ini

    1. tokodanitokodani Post author

      film yang digunakan pakai kertas hvs yang diminyakin yah?
      coba menggunakan kalkir supaya hasil lebih baik.
      bisa juga waktu penyinaran yang kurang, coba penyinaran ditambah sekitar 3-5 menit. untuk penggunaan lampu.
      untuk penyinaran menggunakan sinar matahari tambah 3-5 detik.

          1. tokodanitokodani Post author

            ayo jangan menyerah, keberhasilan diawali dari sebuah kegagalan. tetap semangat mas.:)

            untuk menghilangkan banyangan bisa dilihat di

  36. damba

    mas sy sdh mempelajari cara afdruk di artikel ini. yang masih bingung itu, gambar film yang di jadikan design sablon mas. untuk membuat gambar film itu menggunakan bahan apa? kalo bisa di buatkan artikel untuk membuat gambar film ya…

    1. tokodanitokodani Post author

      Untuk membuat gambar film itu dibuat dari program coreldraw atau freehand atau photoshop dll. untuk hasil tentu saja tinggal di print dengan Laser jet atau Inkjet diatas kertas HVS lalu di fotocopy dengan menggunakan kertas Kalkir.

      Untuk hasil film yang lebih bagus lagi menggunakan Film Repro.
      Pembuatan film repro kita tinggal serahkan data file yang sudah dibuat ke tempat jasa pembuatan film repro.

    1. tokodanitokodani Post author

      memang selain laser dan inkjet mau print di mesin apa mas?

      beli kertas kalkir di toko gramedia juga ada.

      film repro minimum ukuran A4 kisaran 15 -20 rb klo ngak salah ingat.

  37. Andis Lala

    Percobaan pertama Gagal…. Pencahayaan menggunakan Matahari langsung yg lagi terik-teriknya jam 3 sore…. ternyata karena nggak sabar… belum kering obat afdruknya langsung ditempel kertas kalkirnya… jadinya ya… hancur…
    percobaan ke dua ikutin step by step petunjuk dari om dani… berhasil, waktu penjemuran sekitar 45 detik – 1 menit…
    Terima kasih buat tutorialnya Om….
    Barang sudah sampai dengan selamat nih…

    1. tokodanitokodani Post author

      Senang rasanya mendapat kabar berita ini terlebih lagi sudah berhasil pada tahap ini.
      Tetap semangat dan pantang menyerah ya.

      salam
      tokodani

  38. heru

    Pak dani untuk winsol 1 cup yang saya beli dari pak dani, digunakan untuk mengafdruk screen ukuran 30×40, itu idealnya bisa digukanan untuk berapa screen pak. atau 1cup hanya untuk 1 screen.

  39. zintinx

    Pak dani, kalo 1 botol obat afdruk di campur semuanya apa bisa digunakan untuk 1 minggu kedepan?? soalnya saya nyampurnya dikit dikit sesuai kebutuhan. jadi ribet.. tenks

    1. tokodanitokodani Post author

      kalau penyimpanan dengan baik bisa tahan antara 5 -10 harian. Bila dalam kurun waktu tersebut tidak terjadi perubahan kekentalannya seperti menjadi lebih encer ataupun menjadi lebih kental dari sebelumnya maka masih bisa digunakan.

  40. Jodi

    Baru 2x gagal afdruk dan blm sempet coba lagi, maklum sibuk kerja P7(pergi pagi pulang petang penghasilan pas pasan) :)
    Mas Dani, aku mau nanya2 nih:
    1. Apakah menggunakan Rubber White dan Rubber Colour harus dgn campuran bahan lainnya? Jika Iya, campuran apa saja yg harus digunakan?
    *misalnya Rubber Colour+pigmen CYMK) trus…?
    2. Kenapa setelah penyinaran terlihat bayangan pola gambar di obat afdruk screen,tapi begitu disiram dan disemprot hanya terlihat bayangan menempel di screen(tidak bolong)?
    Udah itu aja dulu.
    Terima Kasih banyak atas segalanya, Sukses dan Sehat selalu buat Mas Dani. :)

    1. tokodanitokodani Post author

      Kami langsung jawabnya:
      1. Sebenarnya sudah cukup tanpa menambahan bahan lainnya bila menggunakan rubber yang berkualitas.
      Bila rubber colour sudah dicampur dengan pigmen dan dirasa rubber colour tersebut menjadi lebih encer dan ingin dibuat agak kental bisa ditambahkan bahan pengental sedikit supaya tidak terlalu encer pasta rubbernya.

      2. Kalau dilihat dari keterangan yang diberikan itu bertanda waktu penyinaran terlalu lama.
      Untuk mempelajari waktu penyinaran yang tepat bisa dilihat DISINI

  41. Jodi

    Wah..kemaren aku afdruk lagi,cukup berhasil sebetulnya,meski gambarnya banyak yg rontok waktu penyiraman,karena penyinarannya kurang lama. Saran Mas Dani untuk melakukan ekperimen dengan mencatat waktu itu benar,agar tidak lupa dan kita bisa menyesuaikan ketepatannya.
    Terima Kasih banyak atas saran2nya Mas Dani. :)

  42. Jodi

    Alhamdulilah, sablon pertamaku berhasil, meski agak kurang rapi,tapi lumayan buat pemula! Saking senengnya sampe aku tunjukin ke Emak, trus jadi demen liatin terus tuh sablonan.. Uhuy! :D Terima Kasih Mas Dani, tulisan2 dan saran2nya sangat bermakna bagi saya. WYOTB Mas Dani. :)

    1. tokodanitokodani Post author

      Kami sangat bergembira mendengar berita baik ini. Semoga situs tokodani.com juga bermanfaat bagi yang lainnya.
      btw WYOTB apaan tuh? maklum newbie nih dalam pergaulan he…he…

  43. mcfat

    masbrooo, saya udah 4 kali nyoba afdruk masih gagal pas di cuci memang muncul gambarnya, tapi waktu mau di perjelas malahan luntur semua, di jemurnya make sinar matahari, waktu penyinaran 5-20 detik (sesuai tutorial di internet, saya udah sering tanya balik kenapa tapi gak di balas sama yg kasih tutorial)

    apa itu ketebelan afdruknya atau bagaimana, bagus mana yang tebal atau tipis2,

    thanks banget kalau mau kasih saya wejangan mas, cheers!

  44. mcfat

    Mas saya sudah setahun ini berkecimpung di dunia clothing designan saya sendiri, tapi selama ini untuk urusan sablonan saya serahkan keada teman saya, berhubung teman saya lagi kebanyakan order, saya berfikir untuk belajar sablon sendiri saja, tapi untuk belajar sendiri kendala pun datang dan tak ada yg bisa membantu, dan untuk mas yang baik saya ada pertanyaan, mohon kesediaannya untuk menjawab ya, saya benar2 baru saja belajar screening ini, dan berkali-kali gagal, berhubung saya belajar sendiri saya butuh seseorang yang bisa di tanyai

    1, seberapa gelapkah ruangan yang di pakai untuk proses afdruk..? apa gelap sekali (gulita) atau bagaimana, masalahnya saya mencoba dalam ruangan yang gelap gulita malah gak bisa mengafdruk dengan baik, dan tidak rata

    2. mengapa obat afdruk yang di lumuri pada screen pada saat mau kering justru terlihat tak rata, saya kira saya yang memang kurang rata mengolesinya, tetapi setelah saya lakukan perataan pada percobaan selanjutnya, dan benar2 rata tetap saja pada saat mengering ada bagian yang tak rata, mengapa dan ada saran?

    3.sehabis di jemur (sinari) apakah screen langsung di cuci atau baiknya di diamkan terlebih dahulu (banyak tutorial di internet yang tidaK mencantumkan proses bagian ini)

    4,. Apa sih penyebab lunturnya obat afdruk pada saat di cuci, sehingga gambar yang muncul rusak / tidak sempurna, ini masalah saya padahal saya sudah berkali2 mencoba penjemuran mulai dari 3 – 30 detik tapi tetap saja luntur, apa mungkin karena obatnya belum kering ya?

    Mohon kesediaanya untuk menjawab, terima kasih>

    1. tokodanitokodani Post author

      Bagus dan detail untuk keterangan kronologisnya sehingga kami lebih mudah dan cepat membantu memecahkan permasalahan yang mas paparkan disini.
      Jawab 1
      Ruangan tidak perlu terlalu gelap gulita karena akan menyebabkan sulitnya dalam memberi lapisan obat afdruk pada screen seperti yang mas alami, ruangan gelap disini cukup remang remang gitu, boleh ada cahaya lampu, bisa gunakan lampu tidur tapi pilih yang bohlamnya berwana merah. Bisa juga dengan menggunakan lampu TL atau Pijar namun harus di tutupi dengan plastik berwarna merah.

      Jawab 2.
      Pengolesan obat afdruk tidak rata bisa disebabkan oleh alat yang digunakan untuk meratakan obat afdruk pada screen yang terlalu pendek, solusinya gunakan alat perata obat afdruk / coater yang lebih panjang.
      Dilihat dari keterangan no 2 itu berarti ketidak rataannya timbul seperti garis garis lurus ya? :)
      Nah coba gunakan coater yang lebih panjang,

      Jawab 3.
      Tentu saja setelah proses penyinaran selesai harus langsung dibilas dengan air supaya reaksi kimia obat afdruk dapat terhenti.

      Jawab 4,
      solusinya baca DISINI

      Semoga terbantu.

  45. Jodi

    Wah wah… Salut banget sama Mas Dani, biar udah sukses masih aja mau ngebantu orang lain yg belum tentu beli produk dari Mas Dani(termasuk saya :))! Hehehe…
    Masalah gagal afdruk bukan cuma dialamin bro @mcfat loh ya, semuanya pasti pernah. Nggak apdol jadi tukang sablon kalo nggak pernah ngalamin gagal afdruk! :D aku juga penyinarannya masih pake matahari loh, harap maklum(pemula). Tapi yaa itu, kita mesti menggunakan kekuatan pikiran buat nentuin berapa detik/menit ketika cuaca tiba2 mendung. Nih, aku nemu link “Trik penyinaran dgn matahari” [http://belajarsablondistro.blogspot.com/2012/08/trik-penyinaran-afdruk-dengan-lampu.html?m=1] gak apa2 ya Mas Dani,ya? :)

  46. Jodi

    Ada cerita dikit nih!
    Jadi gini, bberapa hari yang lalu aku bikin afdruk, eh cuaca malah mendung mau ujan,padahal afdruk udah kering siap dibakar matahari aja. Ya udah, itu screen afdrukan aku tutup pake baju hitam,trus masukin dlm lemari, besoknya sama sekali nggak ada matahari(ujan seharian),trus besoknya(stelah 3 hari) baru bisa penyinaran, eh..ternyata bisa loh, obat afdruknya sama sekali nggak rusak, tapi sayangnya aku nyinarinya 30 detik..alhasil, berhasil ngebuka gambar di screen setelah 2 jam kemudian(tangan sampe ngilu nyemprotinnya). Emang perlu pake lampu sih,biar malam pun juga bisa, lah kalo ngandelin matahari, ngafdruk malam penyinarannya pake apa? Pake bulan? :D
    oke, salam afdruk kriminal 2013. …Tidak nyablon, ….rakel melayang! :D

  47. ogi

    mas dani sisa arduk yg membandel susah di ilangin nya.
    udah ane olesi pake pemutih ilang si tapi kasi ada sisa yg membandel.
    udah d rendem pake pemutih 2malam di semprot kaga mampan.
    udh pake soda api tanpa kaporit juga gak lbisa, apa hrus d campur kaporit.
    ad kh cara dan bahan yg ampuh ngilangin sisa afdruk yg membandel.?????
    thnkz

    1. tokodanitokodani Post author

      waduh jangan direndem sampai 2 malam mas, kasihan kain screennya bisa bisa cepat lapuk kain screennya, coba bisa ikuti langkah langkahnya DISINI selanjutnya baca juga DISINI
      selamat membaca dan mempraktekkannya.

  48. ogi

    makasi gan udh ane praktekin. udh ane pake jurus jitu nya. allhasil 100% hilang tanpa noda.dan kain nya hhah..
    gan tolong bantu ane mecahin satu solusi lagi.
    udah tahap penyablonan/pewarnaan ..
    pada saat itu ane coba hasil nya berbuih/berbusa dan tidak rata srta tipis acau lah gan..
    pdhal ane.coba d baju baru ane…
    tak stebal dan serata yg ane harap kan..
    tlong masukan nya gan…
    makasib

  49. Jodi

    Sabloner pemula kayak aku masih labil dalam hal menentukan waktu afdruk, apalagi kalo masih make sinar matahari, stensilnya kadang sering keras sekeras Death Metal gitu lah!
    Kadang bikin emosi kalo susah tembus nyemprot stensilnya.. Tapi sekarang…Tenang, ada solusinya!
    * Basahi dengan air spon/kain/perca kecil, kemudian tetesi dengan Bayclin pemutih, kemudian gosok hanya pada bagian stensilnya saja, langsung siram dengan air agar bayclin tidak menyerap terlalu jauh, tunggu beberapa menit hingga stensil terlihat lunak dan lakukan penyemprotan.
    * hanya untuk design font, gambar vektor besar.
    * Sudah 2 x saya coba dan berhasil!
    Semoga teman2 juga berhasil mencoba!
    Tengkyu Somat Mas Dani! :)

  50. rahmat karim

    Mas Dani mau nanya ni…untuk afdruk 1 screen sablon saja perbandingan obat afdruknya berapa mas??
    maksud saya perbandingan untuk ukuran orang awam…misal : obat afdruk 1 gelas A*ua SR nya 5 tetes…
    tolong dibantu mas…

  51. Pingback: 10 Tips Sukses Sablon Kaos | Setya Sablon Kaos

  52. mauzun

    mas dani,
    kalo takaran afdruk pake obat merk Ocasol itu brapa takarannya?
    berapa lama waktu penyinarannya pada lampu neon.
    salam… makasih.

  53. foos

    mas dani, mau tanya kalo sablon plastisol apakah harus meggunakan mesin curing untuk pengering nya? apa tidak ada alat lain yg bisa mengganti mesin curing tsb?? tx before

  54. civo

    saya mau tanya mas…
    saya kan pemula…baru aja belajar cara sablon…
    Sudah 3x percobaan untuk afdruk filmnya berhasil,tapi yang jadi masalah adalah ketika penyemprotannya mas,kenapa semua obat afdruknya luntur semua yaa ???semakin saya siram air,semakin luntur semua obat afdruk di screen nya….
    mohon pencerahan mas

  55. huda

    sore mas.
    mas mau tanya. kalu mau mengafdruk, lampu neon diganti dengan lampu mobil bisa kah mas? kan lampu mobil lebih panas daripada lampu neon…
    terimakasih

  56. alfian lorenzo

    mas mw tanya….saya sudah mngoles afdruk ke scren. ..setelah kering q taruh gambarnya q sinari ke neon….setelah slsai q cuci dengan air…gambarnya jg jd tp hasil afdruknya ikut rontok semua….
    kesalahnya ap ya…
    and seteleh slsai pengafdrukan ap dikasih obat dlu bru dikeringkan lagi..
    mhn ksh ilmunya…

  57. Anas firmansyah

    Mau tanya mas.
    Bagaimana cara agar film hasil afdruk bisa awet digunakan berkali2.
    Soalnya setiap kali saya nyablon kain yg cat nya ber basis minyak film sablonnya cepat luntur, paling tahannya cuma 20 kali sablon udah itu biasanya film sablonnya rusak dan harus ngafdruk lagi, padahal saya sudah sering nyoba menambah waktu penyinarannya.
    Yg mau saya tanyakan :
    apakah ada obat penguat khusus kalau mau nyablon kaos pake tinta basis minyak…?
    Kalau ada apa saja nama obatnya…?
    Atau apakah obat afdruknya berbeda antara cat kain basis air dan cat kain basis minyak…?

    1. tokodanitokodani Post author

      pakai penguat harter untuk memperkuat hasil afdrukkan yang sudah jadi.
      atau pakai obat afdruk yang berbasis minyak.

  58. syahrull

    Mau nanya bang dani, gambar filmnya bisa gambar tulisan tangan gk, misalnya kita gambar sendiri di kertas hvs pake pensil 2b atau spidol

    1. tokodanitokodani Post author

      menggunakan pensil tentu saja kurang maksimal dalam pembuatan afdruknya, namun bila hasil gambar pensilnya di fotocopy laser sehingga warna hasil gambar terlihat hitam pekan maka bisa digunakan. kalau menggunakan spidol bisa untuk langsung dipakai menjadi bahan film afdruknya.

  59. cahyana

    maaf mo nanya , kalau afdruk film separasi sama dengan afdruk film biasa ga. kalau saya lihat film separasi warnanya tidak rata, maksudnya ada yang hitam pekat dan samar itu gimana dan apakah obat afdruknya juga sama. contoh film separasi photo.

    1. tokodanitokodani Post author

      obat afdruk untuk separasi ada khusus yang dibuat untuk separasi mas. masalah film separasi tidak ada yang tidak pekat, hanya terlihat saja tidak pekat karena bentuknya yang berupa dot dot halus sehingga terlihat seperti tidak pekat, namun itu sebenarnya pekat koq. :)

  60. kiw

    gan.. ane kan pake obat afdruk order dari agan..
    selesai di oleskan
    sya pake kipas angin, kenapa pengeringannya lama banget ya ? hampir 3 jam masih ada lengket2. atau memang begitu kalo pake kipas ?
    kesalahannya di mana ya ?
    apa terlalu encer obatnya ? klo iya solusinya gimana ya ?

  61. pangestu

    mas mau nanya obat afdruk itu biasanya buatan negara mana sih?
    soalnya saya cari info tentang obat afdruk nya dari website produsen nya koq cuma nemu Ulano saja ya… itupun Ulano 133 ga ada (kalo Ulano 569 ada).

    soalnya saya nyari obat afdruk basis solvent yang ga mengandung gelatin jadi saya nyari2 info…
    apa mas tau merk apa yang basis solvent tapi tidak mengandung gelatin?

    1. tokodanitokodani Post author

      hemmm pertanyaan bagus untuk ilmu pengetahuan juga, obat afdruk banyak macam, baik dari negara eropa seperti inggris, prancis, itali, amrik, dan di indonesiapun juga sudah ada yang bisa buat juga loh.
      masalah bahan yang tidak mengandung gelatin saya juga kurang paham produk mana yang tidak menggunakan itu, tapi kalau boleh tau kenapa mencari produk yang tidak mengendung gelatin? saya jadi ikutan penasaran nih.

  62. syahrull

    Pak saya baru mau belajar sablon manual.
    Itu bikin filmnya bisa pake hp gk ya ?? Maksudnya bikin dan edit gambarnya di hp terus di print.

    Masih awam.

    1. tokodanitokodani Post author

      hp apa yang bisa ngedit gambar?
      intinya kalau bisa seperti coreldraw / freehand / gim utk gbr vektor atau gbr foto di photoshop ya boleh boleh saja mas.

    1. tokodanitokodani Post author

      alot itu tandanya terlalu lama, sudah betul penghitungannya dalam hitungan detik, namun tidak fix hitungannya selalu sama karena dengan sinar matahari waktu pagi, siang, ataupun sore lama detiknya pun berbeda, itupun belum termasuk kondisi cuaca berawan, cerah, ataupun mendung.
      ada baiknya coba baca DISINI KLIK

  63. kufandi

    Mas ∂ķŮů pemula belum sukses mngafdruk hasilnya tdk bgs. Kalaw d semprot tepian gambarnya banyak Yɑ̣̣̝̇̇n̶̲̥̅̊g rontok, di sebabkan apa kira2…….?? Mhn penjelasannya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>