Cara Sablon Kaos Step-by-step

Sudah lama nih kami tidak menerbitkan artikel, maklum kami agak sibuk.

Artikel sablon kaos tahap-demi-tahap ini kami harapkan dapat membantu keinginan anda untuk berwiraswasta. Mari kita mulai…

Tentunya anda harus menyiapkan bahan dan alat2 untuk menyablon kaos, antara lain:

  • Kaos yang akan dicetak (ya iya dong….)
  • Papan tripleks sesuai besar kaos
  • Rangka/screen dengan gambar yang sudah  diafdruk (lihat cara afdruk)
  • Rakel yang sudah terpasang di pegangan rakel
  • Tinta sablon tekstil (untuk demo ini kami pakai 3 warna)
  • Beberapa lembar plastik
  • Selotip
  • Kain katun perca & air secukupnya untuk lap sisa tinta.

Step 1.

Masukkan tatakan tripleks ke dalam kaos agar tinta tidak merembes ke bagian belakang kaos dan menstabilkan kaos waktu disablon.

1. Siapkan kaos

Step 2.

Letakkan rangka / screen / kasa sablon di atas kaos.  Posisikan gambar sesuai dengan keinginan perancang.

Bagian pertama yang akan disablon adalah “Live In” dengan warna HIJAU. Tutupi gambar yang lain dengan selembar plastik dan selotip secukupnya. Lihat gambar berikut.

2. Posisikan rangka sesuai rancangan

Step 3.

Tuangkan tinta sablon di tepi gambar seperti contoh di bawah ini.

3. Tuang tinta di tepi gambar

Step 4.

Tarik cat sablon tersebut ke arah kiri dengan tekanan yang rata. Cukup satu kali tarikan.

4. Tarik tinta ke kiri

Step 5.

Sablon kaos berikutnya sampai semua kaos tersablon dengan gambar bagian pertama.

5. Hasil tahap pertama

Step 6.

Letakkan kaos yang sudah disablon sedemikian rupa agar ruang kerja / ruang gerak anda tetap leluasa (tidak menghambat efesiensi kerja).

Bersihkan/cuci tinta dari rangka dan siapkan gambar bagian berikutnya (untuk demo ini adalah  gambar bagian tengah yang berwarna HITAM). Tutup bagian lain dengan plastik & selotip.

6. Atur hasil sablonan

Step 7.

Ulangi step 2 – 6 untuk bagian ke dua.

7. Hasil sablon bagian ke dua

Step 8.

Ulangi proses menyablonan sampai selesai. Siapkan penyablonan bagian ke tiga (warna MERAH)

8. Susunan hasil sablon bagian ke dua

Step 9.

Makin lama makin mudah bukan? Yang penting waktu meletakkan gambar di screen untuk “mewarnai” salib tersebut, posisinya harus tepat.

9. Hasil sablon bagian ke tiga

Step 10.

Sudah hampir selesai proyek ini. Satu bagian lagi…. warna HIJAU (sama dengan warna huruf “Live In”)

10. Kumpulan hasil sablon bagian ke tiga

Step 11.

Sekali lagi… penempatan screen harus tepat agar hasilnya prima.

11. Tulisan warna hijau pada gambar pita

Step 12.

Proyek Sablonan Selesai

Proyek Sablonan Selesai

Bila semua kaos sudah tersablon, tunggu sampai tinta betul-betul kering sebelum kaos dilipat untuk dikirimkan ke pemesan.

Jangan lupa segera bersihkan screen sebersih mungkin dari tinta sablon untuk  pesanan sablon berikut yang sama design-nya.

TIPS: Ada manfaatnya bila anda berlatih dulu sebelum menyablon ke kaos pesanan. Semakin banyak anda berlatih semakin lancar prosesnya.

Bila ada pertanyaan atau saran, jangan ragu untuk tinggalkan komentar anda pada blog ini atau silakan hubungi kami/kunjungi toko DANI.

Update (17 Agustus 2010): Silakan lihat artikel kami tentang produk tinta sablon Photopia (yang dapat berubah bila terkena sinar matahari) untuk meningkatkan kreatifitas desain sablon kaos.

Selamat Menyablon!

PERHATIAN: Tutorial di bawah ini kami tulis untuk membagi ilmu teknik sablon kepada para peminat sablon kaos. Artikel ini tidak boleh disalin (copy and paste) sebagian maupun seluruhnya tanpa ijin resmi dari toko DANI. Bila anda ingin menyebar luaskan tutorial ini, kami mengijinkan anda untuk menggunakan LINK balik ke halaman (post) tutorial ini. Pelanggaran terhadap peraturan ini merupakan pelanggaran hak cipta.

 

397 thoughts on “Cara Sablon Kaos Step-by-step

  1. angga

    sumpah…ini detail banget..bantu aku banget yang pengen mulai usaha sablon kaos …. bener bener kamu bakal dapet rejeki yang berlimpah karena berbagi ilmu yang dibutuhin banyak orang

    1. tokodanitokodani

      dengan menggunakan cara digital yang sekarang ini memang untuk hasil pasti lebih tajam gambar yang dihasilkan, namun untuk kwalitas ketahananya masih kalah jauh dgn cara sablon

  2. FX

    nice info..
    mau tanya, apa pengaruh nya kl abis di sablon, trs di press pake mesin heat press? apa ga pengaruh ke daya tahan hasil sablon?
    ==========
    Tokodani

    Hasilnya lebih kuat terutama
    pada penggunaan tinta pasta

  3. Tata

    Trim’s atas pencerahannya…
    Please Info, untuk mesin digital sablon yang bagus, kuat dan tahan lama Merk apa ya ? perkiraan harganya ? untuk mesin digital yang all in one Bagus ‘gak ya ? Mau coba usaha nih… S’belumnya trim’s atas infonya…
    —————
    tokodani
    untuk mesin digital sablon yang bagus
    saya kurang paham mas.

  4. Anto

    Mau minta ilmu sedikit dong.
    Sebelumnya terimakasih banyak artikelnya sangat menolong saya dalam memahami proses sablon. walaupun masih belum sepenuhnya jelas. saya ada mau sablon dengan bahan dasar semacam plastik. seperti casing handphone. apa bisa? panjangnya sekitas 15cm dan tebalnya hanya 3cm. apa bisa. bidangnya sih lurus…

    apa bisa menggunakan sablon manual?

    dan bagaimana cara membuat filmnya yah..?

    thanks banget yah

    1. tokodanitokodani

      bisa saja disablon secara manual selama bidang tersebut rata,
      cara membuat settingannya kali yah?
      klo cara membuat settinganya tinggal dibuat di sofware seperti coreldraw, photoshop,
      freehand, atau lainnya dgn ukuran bidang yang hendak dibuat tersebut.

      atau kalau mau lebih mudah tinggal scan bahan yang hendak di cetak tersebut
      lalu di setting dengan program yang seperti tadi saya sebut diatas.

    2. ardan bangun

      om dani q mau nanyak kemaren q buat tinta sablon yang buat baju dasar gelap tpi selalu gk jdi terus om harunya di buat mengental pa encer om

  5. Anto

    makasih banyak yah ata bantuannya.
    oh yah 1 lg. ada cetak kardus juga ga yah?
    saya sekalian mau buat packaging.
    besok saya kesana deh. menimba ilmu :)

    1. tokodanitokodani

      untuk kardus juga bisa, bawa aja sekalian kardus yang hendak dicetak, jadi bisa diketahui ukuran bahan screen yang akan digunakan nanti.
      Silahkan datang, kami tunggu.

  6. ruroshin

    suwori mas dani mau nanya lg (makloom newbie dlm hal nyablon..mao ke tmpat situ trlalu jauh soalnya, qta mukimnya d jatim paling ujung)..gni solusi waktu nyablon biar medianya gk lengket ama screen gmna yah…soalnya tiap kali nyablon kertas ataupun plastik, selalu nempel pada screennya ktika dah di sapu ma rakel…dulu saya pernah liat di sbuah usaha sablon ktika nyablon sticker tuh gk pernah lengket…tp knapa ya ketika aku praktek tiap selesai pasti nempel di screen…mohon solusinya bosssssss

    1. tokodanitokodani

      Klo screen suka nempel pada bahan yang disablon bisa disebabkan oleh tinta yang terlalu kental, solusinya dengan menambahkan thiner secukupnya namun jangan terlalu banyak nanti keenceran malah hasilnya meleber.

      semoga membantu.

  7. harry

    siang bos…bos dani saya mau tanya cara menyablon tinta emas/perak ? saya sudah melakukan warna perak tetapi warna peraknya tdk timbul malah jadi abu abu.terus campurannya apa saja…dan caranya bagaimana biar warnanya kelihatan perak/emas..

    terima kasih

  8. Tochayin

    maaf pak saya mau tanya bagaimana cara sablon rubber yang baik untuk hasil yang maksimal, saya sering mencoba tetapi hasilnya selalu kurang bagus, terutama untuk warna putih terang atau untuk kain dasar warna gelap.

    1. tokodanitokodani

      Ini memang problem yang sering dihadapi para sabloners, maunya sekali tarik terus hasilnya langsung putih terang gitu…. (termasuk saya mas wk..wk…)
      gunakan screen 25T dan pasta rubbernya dikentalin lagi mas :)

  9. teguh prayogo

    mo tanya yaa,,sy baru join di forum ini,, bisa dibantu cara setting gambar ato pemisahan warna dengan software corel draw,, gambar harus di re draw kembali tuk memisahkan warna ,,ada cara lain yg lebih mudah

    1. tokodanitokodani

      untuk memisahkan warna menjadi 4 warna dasar klo menggunakan corel pakai corelphotopaint, nanti disitu akan ada untuk pemisahan warnanya secara otomatis.
      Klo pakai coreldraw memang tidak bisa,
      semoga membantu.

    1. tokodanitokodani

      umumnya pakai tinta karet / rubber. untuk hasil nya bagus banyak faktornya mas, dari screen, karet, cara afdruk, pembuatan filmnya dan yang paling utama adalah si penyablonnya sendiri :)

  10. Alen

    mas cara untuk menghapus/membersihkan tinta karet yg msh menempel d kain screen itu pake apa ya?apa ada cairan khusus?soalnya kmrn sy coba praktek sablon kaos sisa tintanya saya bersihkan pake air biasa gak bisa hilang,mohon solusinya mas…thx

    1. tokodanitokodani

      untuk membersihkan tinta karet yang sudah mengering di screen bisa dengan menggunakan cairan m3 yang dicampur dgn air, tapi bila terlalu banyak cairan m3 maka obat afdruknya bisa luntur juga, jadi cairan m3nya tidak terlalu banyak.

    1. tokodanitokodani

      cara memisahkan gambar bisa menggunakan program coreldraw. freehand, photoshop, dll.
      semua bisa dipelajari dari masing masing tutorial programnya masing masing mas.

  11. pradana

    tolong dong saya dikasih tahu nama – nama peralatan sablonnya! biar saya bisa belanja sendiri di toko jual alat sablon. sama kisaran harganya yah sekalian! coz masih baru bgt nih…
    thanks… kirim ke email aja yah@!!

  12. beni

    mas dani sy baru belajar nyablon nih,tapi sy belum terlalu paham banget untuk nyblon di kaos. kalo saya beli alat2 sablonnya tapi sekalian nyeting film dan bikin afdruknya di toko mas dani bisa ga? jadi nanti dirumah sy tinggal nyablon aja..,untuk tahap awal saya mau nyablon satu warna aja putih di kaos warna hitam bahan katun combed 20/30s.tolong dong kalo bisa sarannya ke email saya aja,nanti saya meluncur ke toko mas dani. thx bos!

  13. zahri

    bagus dan keren ma dani..
    aku dari jatim neh mas. kalo mau kesana kan jauh banget neh… pengen tahu nama alat2 sablon nya mas..
    mau coba2 bikin usaha,email ya mas,atau share di sini.. biar temen2 juga ngerti..
    sekalian nama tinta yang bagus buat kaos,yang hasil sablonya kayak karet timbul gt..

    trus kira2 harga bahan2 smuanya mulai dari tinta, afdruk DLL … makasih mas…

  14. Monda

    Pada Dani,
    untuk penyablonan warna Merah dan tulisan Hitau (gambar diatas), bgmn teknik sablonny Pak? krn letaknya ditengah2 (agak susuh tutup dengan perekat plastik), apakah harus dibuatkan 1 screen lagi??

    1. tokodanitokodani

      untuk menyablon 2 warna ataupun lebih cara yang lebih mudah adalah dengan memisahkan warnanya masing masing pada saat gbr disetting, misalkan ada 3 warna, merah biru dan hijau nah untuk warna merah dipisahkan sendiri gbrnya, begitu pula biru dan hijau nya juga dipisahkan sendiri.

      sehingga disaat menyablon tidak terlalu rumit untuk menyatukan warna demi warnanya dan tidak perlu melakukan penutupan pada bagian warna lainnya gitu. semoga jelas penjelasan saya ini.

  15. hero

    wah.. keren..keren…!!
    om dani, mo nanya dunk..yang artikel di atas bisa di per jelas ga?
    jenis tinta, merek nya, pake screen ukuran brapa?
    kalo kita beli tinta, ada petunjuk komposisi campuran laennya ga?
    makasih..!!

  16. Sabar

    Bro Dani, Saya lihat kaos yang di masuki triplek kedalamnya sebagai alas permukaannya rata sekali (tidak mengkerut). Apa ada lem untuk menjaga hal kaos tsb. tetap pd posisinya. Kalau ada lem apa, dimana bisa beli. Trims sebelumnya.

    1. tokodanitokodani

      coba diperhatikan kembali apakah hasil yang rata tersebut disablonkan pada sisi yang permukaannya rata atau yang kasarnya, krn permukaan spoonbon sisi yang satu rata dan sisi baliknya kasar.

    1. tokodanitokodani

      bukan masalah encer atau kentalnya sehingga bisa rata sablonannya, tapi tekanan pada rakel yang harus seimbang sehingga hasil bisa rata sablonannya.

  17. Mika Wilson Pasaribu

    Saya sangat tertarik sekali dengan sablon kaos ini. Ngomong-ngomong bisa gak saya belajar sablon di tokonya bos… mungkin bos buka kursus..

    1. tokodanitokodani

      Catalis bukanlah penguat tapi pengeras, biasanya tinta yang dicampur dengan catalist adalah
      tinta untuk mencetak dipermukaan gelas, keramik gitu.

      untuk pertanyaan mas kiki tergantung tinta yang digunakan itu apa? apakah untuk mencetak
      dibahan seperti yang saya sebut diatas atau bukan?

    1. tokodanitokodani

      cara mencampur tinta dengan minyak
      yang benar adalah secukupnya. jadi
      tidak terlalu encer yang dapat menyebabkan meleber, ataupun terlalu
      kental yang menyebabkan tarikan rakel
      lebih berat salah satunya….

  18. near

    mas maw tanya macam2 pasta tuh aph aj sih???trus pasta yg pling bagus buat cotton combed tuh paan?klu kain gelap ma putih pke pastanya sama??trus ap ad pasta yg cerah di kain gelap??? thx for all ^^

  19. Wildan

    Boz Dani, utk sablon kaos manual tp pakenya obat batik, campuran obatnya pake apa? gmana caranya? Tlg dijelasin sejelas2nya ya. . Tks before.

    1. tokodanitokodani

      sparasi itu setiap warna baju beda beda????
      saya blm jelas nih dengan pertanyaannya mas….. :)

      rubber itu ya tinta yang ada kandungan bahan karetnya, tapi tentunya
      bukan bahan yang dasarnya dari bahan baku karet, karena elastis maka
      biasanya orang sebutnya tinta karet gitu. :)

  20. my-b

    MAs dani…
    sparasi itu setiap warna baju beda-beda ya,,,,
    truz rubber itu tintanya ap campuran tinta sperti sparasi mas..
    maksih

    1. tokodanitokodani

      pertanyaan pertama masih belum mudeng nih saya mas….. coba pertanyaannya
      yang sedikit lebih jelas gitu…. :)

      rubber ya tinta, bukan campuran.

  21. My-b

    saya waktu itu beli alat sablon truz d tnya mang kaosnya warna apa…truz sya tanya apa bedanya..kata dia setiap warna sparasinya beda-beda…

    truz klo pke tinta rubber sama aja kan cara nyampurnya dengan sparasinya….

    1. tokodanitokodani

      jujur saja penjelasan mas belum saya pahami,

      mungkin yang dimaksud beda itu adalah
      jenis tintanya yang beda, bukan warnanya.

    1. tokodanitokodani

      kalau tidak mau tintanya tembus kebawah coba gunakan kain screennya yang lebih halusan,
      satu tingkat diatas no screen yang sekarang digunakan.

  22. my-b

    tukng sablon bilang ma saya katanya..sparasi itu setiap warna baju beda-beda…cntoh untuk baju putih dan hitam sparasinya beda ktanya…maksudnya itu mas..heh

    1. tokodanitokodani

      wah mana lupa, sama big boss yang satu ini he..he….
      saya sering makan di bakmi bule loh, tar kapan kapan temuan di bakmi bule ya bro :)

  23. anto

    Hahahah boleh kapan2 kita makan di bakmi bule. Kontek2 aja kalo disana. Rmh gw deket. Kalo pas gw dirumah nanti gw kesana bro. Yuk bobo. Malem ini malem jum’at kliwon. Syeremz. Nitez

    1. tokodanitokodani

      terima kasih,
      senang rasanya bisa berbagi ilmu kepada anda,
      YM jarang digunakan mas, lebih baik email atau telpon saja langsung ke tokodani

      salam,
      tokodani

    1. tokodanitokodani

      takaran warna 5 s/ 10 % PAK,
      kalau mau cara sederhana ya tinggal dicampurkan saja warnanya sedikit
      demi sedikit lalu aduk hingga rata, bila warna yang diinginkan masih muda ya
      tingal ditambahkan pewarnanya lagi gitu pak.

    1. tokodanitokodani

      di tokodani juga sedia perlengkapan sablon, hub saja langsung ke tokodani nya mas.
      untuk harga tergantung kebutuhan masing masing individu.

    1. tokodanitokodani

      tinta yang mas gunakan sudah cukup memadai, namun bila masih kurang memuaskan
      bisa gunakan medium super, tinta rubber R 270 /R280 /R330 ataupun plastisol.

  24. dhana

    thanks a lot for your shared …
    btw w orng bru nh d’bidang sablon qra2 dmna ya tmpat w bwt nyari alat2 + yang bsa ngajarin w bwt nyablon dr proses awal mpe slesai??
    qra2 mas dani bsa ngajarin scara lngsung ga ya?
    klo bsa tlong d’info wktu n tmpt’a via email yha mas…

  25. faizal amir

    bang dani….saya ingin buka usaha sablon.sya baruuuuu mw buka usaha….tapi msh bingung,
    alat dan bahan apa?dan tinta merk apa? yg dibutuhkan..
    trimakasih sebelumnya…

  26. tri

    mas mo tanya kalo tekniksabln yang pake transver vynil tu gimana? bahan vynilnya sama kayak yang buat cutting sticker apa bukan? kayaknya lebih praktis tapi kekuatannya gimana ya?
    trims b4 infonya…

    1. tokodanitokodani

      maksud mas tri tuh pakai cara yang transfer paper gitu yah?
      yang sablonya di bahan transfernya kemudian dipindahkan ke bahan kaos dengan
      menggunakan heat press / pemanas?

      kalau itu yg dimaksud bahan vynilnya beda karena harus tahan terhadap suhu panas,
      kalau vynil utk cutting sticker tidak tahan panas.

      memang betul cara kerjanya lebih praktis saat penyablonan, namun pekerjaan akan
      bertambah 1 kali yaitu harus melakukan heat press.

      untuk kekuatan tergantung dari bahan glue/ lem khusus yg dipakai.

    1. tokodanitokodani

      oh kalau seperti itu menggunakan cutting mas,….
      untuk kelenturan memang hasilnya lentur dan tidak retak.
      kelemahannya tidak bisa disetrika setelah kaos dicuci karena
      bahannya akan turut lumer terkena panas.
      (itu yang saya ketahui pak)

  27. Dani

    hehe,,
    iya mas..

    btw kan ini saya uda ad kaos..
    nah kalo cari” bahannya dimna ya..
    aku dah tanya” pda ga tau..

    mohon penerangannya mas..

  28. Dani

    mas..
    saya ad problem ni dgn perakitan screennya,,

    kan saya liad dari google bahan screennya tu kan dari kayu bntk persegi empat dan kain kassa cara masangnya gmn ya..??

    bingung,,

    1. tokodanitokodani

      untuk pasang kain screen bisa benggunakan lem aibon utk konvensional, dilem pada satu sisi terlebih dahulu
      kemudian sambil ditarik berlawanan di lem kembali pada sisi yang berhadapan dengan yang sudah dilem sebelumnya.
      begitu selanjutnya pada sisi yang lainnya.

      lem utk pasang screen yg khusus bisa menggunakan kiwobound, lem ini khusus utk screen sehingga tahan terhadap
      air maupun bahan kimia lainnya seperti m3 gitu.

  29. kriskross

    mas,cara ngepasin gbrnya biar ga numpuk/mleset,gmn ya?manualkah? suah dunx,keburu tinta yg di screennya kering… tlg jelasin dunx.GBU

    1. tokodanitokodani

      cara ngepasin gbr biar tidak menumpuk atau meleset
      bila secara manual maka dibutuhkan kejelian mata untuk melihat posisi ujung kanan gambar pertama dengan ujung kanan gambar kedua yang hendak disablon begitu pula pada ujung kiri bawah gambar pertama dengan ujung kiri gambar kedua yang
      hendak disablon harus pas, setelah pas barulah
      ditarik tintanya menggunakan karet rakel.
      memang sedikit memakan waktu dan lebih lama.

      bila ingin lebih mudah maka perlu diberi anleg
      pada ujung tatakan kaos.

      untuk lebih jelasnya lagi nanti kami usahakan
      menerbitkan artikel mengenai seputar cara
      memberi anleg.

  30. dharma

    siang bos Dani, kapan neh artikel tentang pengepasan warna pada sablon ato anleg terbit…. ditunggu… Makasih..n selamat natal & tahun baru… sukses selalu

  31. dharma

    Pagi boss, sy msh trs belajar sablon manual, mo nanya neh klo mau nyablon warna putih diatas kaos hitam supaya 1 x gesut bisa rata pake ruber putih apa ya sebab kalo harus 2 x ada resiko meleset, juga pakenya screen T berapa. Mhn solusinya n di tmpat boss sedia rubber putih yang saya maksud tadi ga ( harga brp ? )
    Trima kasih sekali sebelumnya

  32. wiki

    mas,klo bwt sablon yg ukuran gede’..
    gmn tuh,…apa sekali tarik jg,…????
    atau,alat bwt narik sablon nya yg gede’….
    tolong bantuan nya ya mas thnx bgt…..

    1. tokodanitokodani

      kalau yang sablon kaosnya besar ya diusahakan sekali tarik juga supaya hasil tinta rata,
      tentunya rakel/ alat penarik tintanya yang panjang pula.

  33. dharma

    pagi mas. mo nanya lagi, aq cari screen T 25 di kotaku ga ada mas yang ada T glitter yang agak besar mesnya. Apa itu juga yang dimaksud T 25 ?
    Tq bgt

    1. tokodanitokodani

      coba aja dilihat apakah lubang mesnya cukup untuk mengeluarkan partikel gliter, bila lubangnya lebih
      besar dari ukuran partikel gliter maka bisa digunakan.

  34. gandi

    Jadi minat nie mau wirausaha sablon stelah baca di atas .. . untuk desain gambar pake apa ya? masih bingung nie kurang jelas sama gambar di atas pke kertas atau plastik tuu..???

    1. tokodanitokodani

      design gbr bisa menggunakan program corel, photoshop, adobe ilustrator, dll
      bila tidak ada bisa melalui jasa tukang setting biasanya ada di percetakan percetakan
      atau khusus tempat setting.
      atau bisa juga dengan menggambar sendiri diatas kertas HVS/ kalkir sebagai medianya.

      gambar yang dilihat itu menggunakan kertas kalkir, untuk plastik bisa juga namanya
      menggungunakan film repro mas.

      salam tokodani

  35. zanzuzidan

    wah hebat eui. bos dani.. saia sering datang dan belanja ketoko ini untuk belanja keperluan sablon.. lumayan kumplit nih n yang penting kwalitas nya bagus bro kalo dibanding sama toko-toko yang lain.. tapi malah baru skarang buka toko online nya.. sibos ga pernah ngomong sih..bos dani orangnye enak brow ga pelit sama ilmu. datang n tanya-tanya adja sama dia,,eh tapi si siti dah ga ada lagi y bos.. ga ada lagi dong yg seger-seger.hehehhe.pokoknye bos yang 1 ni recommended seller banget dah…

    1. tokodanitokodani

      Trims atas pujiannya….,
      betul ditempat kami menjaga kwalitas produk supaya pembeli tidak kecewa nantinya.
      iya nih blm ada penggantinya si siti he..he.,,,,

  36. Eka

    mas dani. saya mau tanya!
    1. mas dani kalau sablon seperti diatas itu pakai screen ukuran berapa, tintanya dan rakelnya jenis apa. dan harganya berapa kalau di toko dani.
    2. cara mengafdruk gambar gmn caranya. saya kan nggambar di kertas kalkir. lalu ditempelkan di bagian mana. dlm atau luar. dan menempelnya pakai apa.
    3. sy prnah lht sebuah kaos mereknya sawoong. nah, di kaos tersebut ada gambar foto jaman dulu yg warnanya ada coklat dan hitam layaknya foto asli lah. gmana cara nyablonnya?
    tlg dibales ya

    1. tokodanitokodani

      jawab;
      1. screen yang digunakan 40 x 50 / 48T

      2. untuk cara mengafdruk silahkan baca di keterangannya sudah ada dan lengkap koq mas :)

      3. sayang tidak disertakan gbr foto/ linknya. tapi saya coba bantu menurut bayangan saya sendiri sesuai apa yang
      anda ceritakan. untuk gbr foto tersebut kemungkinan besar menggunakan film separasi/ raster yang dipadukan dengan
      hanya 2 warna saja. raster yang digunakan mungkin raster halus.

      salam
      tokodani

  37. amirul samarinda

    mas dani, mau tanya nih.. Kalao untk sablon ke kaos sepak bola ato sejenisnya, paling bagus mengguna scree no brp? Dan jenis tintax (serta campuran tinta) yg bagus apa? Kalau menghilangkan tinta untuk kaos yg menempel dscreen apa n bgaimana? Teknik menyablon nama2 orang yg tdk mungkin bis dbkin 1 persatu itu bagaimana yah! Trims atas jwbnx, dtunggu n moga sukses slalu

    1. tokodanitokodani

      Untuk sablon ke kaos bola menggunakan tinta karet/ rubber pak. kalau mau yang murmer menggunakan
      tinta Royal atau Policoat yang jenis PVC, namun hasil akan terasa kaku.
      kalau menggunakan karet/ rubber screen 48 / 36 sudah baik
      kalau menggunakan jenis PVC screen 77 / 90 sudah baik.

      untuk menghilangkan tinta yg kering di screen menggunakan minyak M3 dan ulano 8

      yang terbaik utk bikin nama ya tetap dibuat satu satu pak untuk namanya. kalau yg cara murmer
      dibuat huruf Abjat dari A – Z nah nanti sablon hurufnya satu satu gitu.

      semoga membantu.
      salam
      tokodani

  38. amirul samarinda

    nanya lg nih mas, apakah kalau brsihkan tinta di screen pake m3 n ulano 8, nanti tdk merusak afdrukan.. Sya hanya ingin brsihkan tinta yg trtinggal dcelah screen yg dsablon.. Dan kira2 campuran yg sesuai dng jenis tinta yg anda sebutkan diatas ap sja.. Mohon pencerahanx. Tks

    1. tokodanitokodani

      kalau membersihkan tinta policoatnya saja cukup menggunakan M3 saja, jangan pakai ulano 8,

      tapi untuk membersihkan tinta rubber yang sudah mengering di screen rasanya sulit bila harus
      mempertahankan motif afdrukan yang ada, oleh karena itu sebaiknya usahakan sebelum tinta
      mengering pada screen dibasuh dengan kain lap basah untuk tinta rubber yang menempel
      pada screen saat sebelum mengering pak.

  39. amirul samarinda

    dan kalau cara membersihkan tinta rubber maupun tinta policoat dri screen bagaimana ya, agak tidak merusak motif afdrukanx.. Trimkash. Moga sukses slalu

  40. Christ D

    Boss….
    ane pengen tanya,ane kan setelah selesai nyablon kain ane lapisin pake clear(ane gak tau pasti nya tuh nama,pokonya yang buat cat jadi lebih tahan and mengkilap)…
    trus setelah ane cuci koq screen ane jadi kasar2 gitu y??mebekas…itu rusak apa nggak y???ane pakasa gak bisa bersih2…
    cara gunain clear gimana y boss???
    please…thanks….

    1. tokodanitokodani

      yang dimaksud clear itu adalah topcoat, mungkin topcoat sudah mengering pada bahan screennya sehingga
      sedikit sulit dibersihkan. usahakan sebelum topcoat mengering pada kain screen dibasuh dengan lap basah
      sehingga tidak mengering pada kain screen,

      nah untuk masalah yang sudah ada, cara satu satunya adalah dengan menghapus ulang afdrukannya dan
      diafdruk kembali.

      semoga membantu

  41. Christ D

    thanks boss…
    mau nanya lagi…
    topcoat itu dipakenya di campur bersamaan dengan rubber waktu mau nyablon atau di gunakan sendiri waktu finishing(setelah semua selesai)???
    makasih banget..

  42. Doni

    Bos Dani, tanya :
    1. Kenapa setelah sablon pertama, tinta menyumbat screen (tinta pasta kaos, screen 48t) hingga untuk menyablon kaos berikutnya hasil tdk bagus.
    2. kenapa saat mengangkat screen dari kaos, hasil sablonan tertarik screen hingga teksturnya rusak.
    mohon masukaanya

    1. tokodanitokodani

      jawab:
      1. tinta tidak akan langsung menyumbat screen apalagi menggunakan screen 48T
      ada kemungkinan waktu akan menyablon yg ke dua sedikit lama yah?
      atau waktu menyablonnya diterik matahari sehingga cepat kering pastanya di screen

      2. usahakan screen dengan kaos yg hendak disablon tidak rapat, beri jarak sedikit
      ada jarak 1- 2 mm antara screen dan kaosnya.

  43. Christ D

    mau tanya gimana cara penggunaan soda api untuk membersihkan screen???
    saya pernah di beritahu untuk menggunakan soda api untuk mebersih kan screen yang kotor/rusak….
    thanx…

    1. tokodanitokodani

      soda api dilarutkan terlebih dahulu dengan air,
      campur 3 sendok soda api kedalam 1 gelar air,
      aduk hingga larut semua.

      selanjutnya tinggal dioleskan dengan menggunakan
      kain ke screen yang hendak dibersihkan 2muka
      tunggu beberapa menit +_ 15 menitan lalu disemprot
      dengan spray gun.

      note, hati hati terkena kulit karena panas.

  44. mb'jumi

    mas dani siip tenan infone mantep!!!,oiyo mas gimana cara memakai lem mejanya? saya baru mulai nyablon dua warnae? trus ngilangin lemnya gm, apa gak bekas lemnya?

    1. tokodanitokodani

      cara menggunakan lem meja; cukup dioleskan pada papan triplek secukupnya, tunggu hingga kering.
      setelah kering baru masukan triplek tadi kedalam kaos.

      Lemnya tidak perlu dihilangkan pada triplek kan untuk nanti nanti nya buat sablon kaos lagi :)

  45. mb'jumi

    wah maturnuwun yo mas. nanya lagi ni mas,kemarin coba nyablon di kaos warna merah+tinta putih lha kok tulisannya gak jelas alias tinta putihnya ngeresap ke kaos trs tak ulang e malah ngebayang tulisannya…solusinya gimana ya mas? lagi ni mas kemarin yang aku kasih lem kaosnya mas, trus ngilangi lem dikaos gm ya mas?

  46. mb'jumi

    mas ojo ketawa + nyukurin lho, sebenarnya aku isin nanyain cuma ya karna kaosnya ada banyak 4 aku binggung? untungku kurange, mas cara ngilangin tulisan dikaos yang sudah disablon gm(tulisan yag ngebayang tadi biar gak terlalu banyak rejekan) matur nuhun sanget jawabanipun

    1. tokodanitokodani

      ketawa sih tentu tidak, cuma kaget aja tau kaosnya yang di kasih lem….

      duh ya sudah pengalaman adalah guru yang baik.
      susah untuk menghilangkan lem yang ada di kaos, andai di paksa tentu kaosnya akan
      lusuh, coba direndam dengan minyak M3 dan dikucek kucek gitu, tapi kaos tersebut hanya
      bisa dipakai sampean dewe yo…… :)

      untuk sablon di kaos merah dengan tinta putih memang tidak bisa sekali sablon namun harus
      di ulang 2 – 3 kali untuk menghasilkan warna putih yang cerah tergantung screen yang digunakan.

      bila hasil yang ke 2 ngebayang itu berarti waktu menaruh screen ke kaosnya ada geser / tidak tepat
      pada posisi sablonan pertama sehingga terlihat berbayang.

  47. robby

    mau nanya gan, soal pengeringan….
    gimana cara pengeringan supaya hasil sablonan tidak terkelupas.
    kasus saya setelah kaos saya sablon saya keringkan degn cara dijemur matahari (smp 3hr).
    tapi setelah dicuci pake mesin cuci semuanya mengelupas.
    saya pakai tinta jenis rubber dan dicoating pake top coat.

    trims infonya

    1. tokodanitokodani

      dipanasin pakai setrikaan aja mas, dari balik kaosnya atau juga bisa dengan dialasin dengan kertas lilit/ kertas belakangnya stiker gitu.

  48. fendi

    mas,mau tanya nh,kmaren sya nyablon kaos puth pake sunrise dasar terang,trus stlah kering saxa cuci,kok jadi luntur ya warnanya?
    Knapa ini mas?

    1. tokodanitokodani

      keringnya kering dijemur saja atau dipanaskan dgn strikaan? kalau dgn strikaan harusnya tidak luntur,
      atau bisa juga biang warnanya terlalu banyak sehingga menyebabkan terjadinya luntur.

    1. tokodanitokodani

      pertanyaan tinta menggunakan apa tinta apa? coba dibaca baca lagi sudah ada yang
      pernah tanya dan dijawab, untuk supaya timbul bisa ditambahkan dengan pasta timbul.

  49. joko suwanto

    bro mau nanya, kalo screen t61 bisa buat tinta rubber ng, masalahnya saya beli alat kata penjualnya bagusan yg ini, satu lagi kalo sablon tu normalnya berapa kali gesutan & berapa kali naiknya biar bagus hasilnya maaf baru belajar sablon. tks

    1. tokodanitokodani

      bisa saja menggunakan t61, namun hasil terlalu tipis dan lebih sering mampat karena rubbernya keburu kering
      dilubang lubang screennya.

      kalau menggunakan 61 t perlu 4 – 6 x gesutan, dan bisa 6x naik bila menginginka warna putihnya terlihat jelas
      namun bila warna cukup 3 – 4 x naik.

  50. Gibran

    aku minta tolong beri tahu jenis-jenis rakel beserta kegunaannya.Sekalian nomer hp yg bisa dihubungin buat pesan alat sablon.

  51. To'ed

    Mas mo nanya, saya pake metode separasi dengan pemisahan warna berdasarkan CMYK, trus mo di sablon di kaos warna hitam, pada gambar yang mau di pakai ada unsur warna putih, gimana cara munculin warna putih itu…sedangkan dengan metode pemisahan CMYK gak ada warna putihnya…??? mohon bantuannya mas…mksih…

    1. tokodanitokodani

      untuk memunculkan warna putih pada kaos dengan cara gambar dibuat negatif terlebih dahulu.
      cth, bila A warna putih dan B warna hitam maka bila dibuat negatif akan terjadi A menjadi warna hitam
      dan B menjadi warna putih. dari situ baru dibuat film positif sablonnya.
      semoga terbantu.

  52. andii

    bos saya ingin blajar cara menyablon
    tapi saya masih belim mengerti benar caranya
    saya bingung di bagian pembuatan gambarnya
    pada saat gambarnya itu di tempel di screen
    contoh gambar yg live in di atas
    gambar a itu terbuat dari apa
    dan bagaimana cara menempelkannya di screen
    terimakasih…

  53. roni

    mas, mau nanya tinta untuk sablon kaos mereknya apa? terus berapa harganya? trus bisa g’ nyablon kaos pake screen ukuran 90T, trims sebelumnya,

  54. roni

    mas, mau nanya klo tinta rubber yg warna itu ada berapa macam? trus gimana supaya hasil sablonan kaos bisa mengkilat hasilnya, trims sebelumnya

    1. tokodanitokodani

      tinta rubber warna ada 3 macam

      untuk hasilnya terlihat mengkilap bisa menggunakan varnish / topcoat
      atau bila hasil sablonannya cukup tebal itu juga sudah mengkilap bila
      menggunakan rubber yang berkualitas baik.

  55. hari

    mas klo mau nyablon raster fto di jadiin hitam putih …
    klo pke pasta lucas haru pke screen ukuran brapa ya ?
    dan sbenar’a yg baik itu pakai pasta apa ?

  56. fahd

    asalamualaikm bang, gimana caranya biar hasil sablonan itu sempurna atau rata.. soalnya hasil sablonan aku gak rata, dan aku udah coba berapa kali, hasilnya pun sama.. tolong yah bang tipsnya,, hehe makasih yaa :)

    1. tokodanitokodani

      maksudnya tidak ratanya tuh bagaimana? apakah tidak rata menjadi ada yang tebal dan ada yang tipis gitu?
      panjang rakel apakah cukup untuk sekali tarik pada gambar sablonan? atau perlu diulang 2 3 kali untuk
      menarik tinta supaya gambar tersablon semua gitu?

  57. wahyudi

    gan jual tinta tranfer buat kaos bola g???awalnya kita sablon d media plastik transfer atau relis bekas stiker!kita sablon secara miror!setelah d sablon kita tranfer ke kaos bla memakai mesin press kaos!saya kurang mengerti apa nama jenis tintanya!kalo ada saya mao beli harganya brp???d tunggu ya gan kabar selanjutnya!

    1. tokodanitokodani

      maaf kami tidak menjual realis paper/ kertas transfer. kalau tidak salah itu adanya di mangga dua ada jual di beberapa toko mas.

    1. tokodanitokodani

      Terima kasih atas kritiknya :)
      Bila anda membutuhkan informasi lebih lanjut, silakan bertanya atau hubungi kami untuk kursus langsung.

  58. joko suwanto

    Mas dani, mau nanya kalo hasil sablonanya agak bergerigi di pinggir gambarnya itu kenapa ya? saya pake screen T54 tinta rubber pasta, kalo saya lihat hasil afdruk tu pinggir gambarnya lurus. tks joko

    1. tokodanitokodani

      penyebabnya bisa karena :
      1. Pasta terlalu encer,
      2. Nyablonnya ditariknya berulang ulang

      bisa salah satu diantara 2 diatas.

  59. joko suwanto

    Kalo pasta kayaknya ng terlalu encer, kayaknya yg no 2 masalahnya sy ngasih tintanya kurang banyak jd pas narik gambar ng semua kena tinta jadinya saya ulang lagi. Ok tks infonya maklum baru belajar.

    1. tokodanitokodani

      dari belajar kekurangan yang ada akan menjadi mahir kedepannya :)

      tetap semangat dan jangan berhenti untuk mencoba dan mencoba lagi!

  60. joko suwanto

    Mas dani mau nanya lagi mudah2an masih mau ngasih penjelasan. kalo tinta berbasis air ada ng yg sekali naik hasilnya dah bagus & satu lagi kalo rubber yg hasilnya tipis ada ng? terima kasih. joko

    1. tokodanitokodani

      maksudnya sekali tarik hasilnya langsung putih gitu?
      umumnya 2 x baru ok. atau kalau punya pemanas bisa ok utk sekali tarik

      utk hasil tipis ada pakai R 440 mas

  61. Joko Suwanto

    Ok mas Tks, Kalo ditempat mas dani jual alat sablon supaya hasilnya lebih presisi ng, ato kalo mas dani punya trik supaya hasil sablon presisi. tks

    1. tokodanitokodani Post author

      maksudnya film sablon itu bisa pakai kain apa aja tuh bagaimana yah? saya belum mengerti maksud anda.?
      tinta yang digunakan ya tinta karet, kalau menggunakan tinta acrylic maka hasilnya akan kaku dikaosnya.

    1. tokodanitokodani Post author

      supaya tidak mudah pecah ya tentu pengerjaannya harus benar,
      salah satunya adalah pemanasan yang tepat setelah penyablonan.

  62. Syarif

    Hore,,,, saya nemu artikel tentang sablon,,,, saya mau buat tas souvenir pernikahan yang di hiaasi tuisan dengan sablon…. makash kang Dani…
    Salam sukses dari Kota Tulungagung

    1. tokodanitokodani Post author

      Terima kasih juga Kang Syarif sudah mampir di tokodani.com
      Semoga usaha Kang Syarif juga bertambah sukses. Bila memerlukan supply sablon, jangan ragu2 untuk menghubungi kami.

  63. Syarif

    kang dani numpang tanya. permasalahannya gini.. saya memakai obat photoxol scren,tpi dlm proses afdruk kok tidak membekas tulisan sama sekali, padahal penyinaran dengan matahari kurang lebih 5 menit,prtanyaannya: apakah photoxol scren yang sudah lama penyampurannya bisa rusak? obt tersebut saya campur kurang lebih 4 bulan yang lalu…. dan saya ingin menggunakannya kembali,, tapi kendalanya a itu tadi,,,, pengafdrukan gagal

    1. tokodanitokodani Post author

      obat afdruk photoxol maupun obat afdruk merk lainnya bila menggunakan penyinaran dengan matahari waktu penyinarannya
      tidak lebih dari 1 menit bila dalam keadaan cerah, terkecuali dalam keadaan berawan mendung. waktu penyinaran sampai 5 menit
      bila dalam keadaan cuaca cerah tentu saja maka tidak akan tembus gambarnya karena terlalu exposure.

      penggunaan obat afdruk yang sudah dicampur dengan SR dengan penyimpanan pada suhu normal biasanya hanya bertahan 1 mingguan
      dan bila dalam kulkas bisa mencapai 1 bulan dalam keadaan tertutup rapat.

      bila sudah lebih dari 2 bulan coba diperiksa apakah obat afdruk tersebut lebih encer dari sebelumnya? bila iya maka itu sudah basi.

  64. Fadil

    mas mau tanya klo disaat penarikan rakel apakah tinta diratakan dlu ke gambar baru ditarik dengan tekanan atau gmn??masalahnya sablonan mnjadi luber padahl tintanya kental dan penekanan rakel seimbang…
    makasih :)

    1. tokodanitokodani Post author

      yang saudara Fadil lakukan juga sudah benar dengan menutup lalu ditarik.
      namun bila yang saudara Fadil lakukan berakibat sablonan menjadi luber maka coba
      tanpa menutup, jadi langsung tarik tintanya saja lalu bagaimana hasilnya?
      bila masih ada juga yang meluber bisa jadi posisi rakel waktu menarik terlalu mering.
      Coba jangan terlalu miring waktu menariknya.

      semoga terbantu.

  65. mufidz

    Assalamualaikum,,,apa kegunaan topcoat?
    cara penggunaan Topcoat?
    katanya topCoat itu kan untuk finishing,apa berarti di buatkan film sendiri khusus untuk topcoat?
    trus untuk pencampurannya sendiri bagaimana? terima kasih maaf ya banyak nanya,,,,mohon jawabannya,,,,

    1. tokodanitokodani Post author

      alaikum salam mas mufidz.
      kegunaan topcoat untuk melapisi hasil sablonan sehingga hasilnya lebih kuat dan juga terlihat lebih mengkilap.

      betul topcoat memang untuk finising, dan betul juga film dibuat tersendiri dan juga film tersebut digunakan
      untuk sablon dasar putih juga.

      topcoat tidak dicampur, tapi diaplikasikan secara langsung setelah penyabloan warna selesai semua.

  66. mufidz

    oke terima kasih mas dani, sangat jelas, tapi kalo bisa tolong di buatkan untuk artikel tntang penggunaan topcoat ini agar lebih jelas, terima kasih mas

  67. I Gede Apriana

    Mas Dani,,klo sablon di kaos gelap kan qta perlu kaci underbase dlu. trus untuk sablon warna lain di atas underbase tu apa harus tunggu kering dlu ato bisa langsung?

      1. I Gede Apriana

        Mas Dani, mw nanya lagi nech Tinta sablon yang cocok untuk Screen T48, T61, T77 ma T90 apa ja?Pa masing2 beda penggunaan tintanya?
        Saya pake Screen T61 dan T77 pake pasta karet tapi sering mampat kalo pas udah dibersihkan.
        Pasti ja ada sisa tinta klo saya bersihkan obat afdruknya. jadi screen gak bisa dipakai lagi seluruhnya.
        Minta infonya mas dani,,,makaci banyak.
        Oya satu lagi mas bisa kirim rincian harga alat2 sablon dan tinta ke email saya

        1. tokodanitokodani Post author

          untuk masing masing keperluan dari nomor kain screen ditentukan oleh kehalusan gambar yang hendak dicetak sablon maupun dari segi penggunaan tinta, seperti penggunaan tinta medium atau extender beda dengan penggunaan tinta pasta karet, penggunaan dengan bahan gliter juga beda, jadi masing masing ada kebutuhannya sendiri sendiri.

          untuk membersihkan tinta yang mampat setelah penghapusan obat afdruk bisa dilihat DISINI

          untuk alat sablon butuh alat sablon apa?

          1. I Gede Apriana

            Makaci mas Dani. saya sudah cek email.
            Oya saya masih bingung dalam penggunaan screen dan tinta. Apa bisa Screen T61 pke pasta rubber GL? Apa hasilnya bisa tebal dan menutup permukaan kain?
            Minta ilmunya mas Dani,,maklum saya masih amatir ini jadi perlu banyak belajar di Mas Dani

  68. indra

    mas dani mau tanya nih,
    saya masih belajar nyablon nih,
    gni mas, saya nyablon nya pake tinta rubber dan screennya yang t54, nah pas nyablon pertama dan kedua memang hasilnya memuaskan mas, tapi untuk yang selanjutnya kok kurang memuaskan karena sepertinya di screennya ada yang tersumbat.
    nah mas gmana caranya nyablon biar tintanya g kesumbat di screennya?? kalo udah tersumbat gmana cara bersihinnya???

    thanks mas…

    1. tokodanitokodani Post author

      kalau tersumbat ada kalanya karena waktu pengerjaan dari sablonan pertama ke salbonan ke dua ada jeda waktu
      beberapa menit sehingga lubang kain screen jadi tertutup tinta yang mulai mengering dilubang tersebut.

      kalau tersumbat untuk membersihkannya bisa menggunakan cairan M3 yang dioleskan pada lubang yang tersumbat tersebut,
      namun ada resiko yang bisa terjadi adalah gambar afdruk ikut luntur oleh minyak m3 tersebut.

  69. numgis

    Bung kmarin2 pas gw nyablon baju pas dicuci tinta sablonannya 80 % ilang…..itu knapa yah???
    ditunggu jawabannya Bung
    Makasih ya

    1. tokodanitokodani Post author

      ada beberapa faktor yang menyebabkan rontok atau hilangnya hasil cetak sablonan.
      salah satu penyebab bisa anda baca pada artikel kami dengan judul
      HASIL SABLON KAOS MENGELUPAS

      atau klik link dibawah ini

  70. david nikijuluw

    pak saya baru belajar nyablon, saya punya masalah tinta yg blobor, kekentalan tinta cukup ( tanpa pengencer ), ketika saya perhatikan itu akibat ada deposit tinta di tepi gambar pada sisi kaos, nah bagimana cara gesut supaya tdk terbentuk deposit tinta di tepi gambar sisi kaos untuk menghindari blobor tinta

    1. tokodanitokodani Post author

      deposit tinta itu terjadi bisa disebabkan oleh beberapa hal,
      1. bantalan kaos/ triplek yang sebagai tatakan tidak rata, atau luas bidang gambar melebihi
      dari luar bidang triplek tersebut.

      2. bisa juga disebabkan oleh bidang rakel yang tidak rata sehingga tekanan rakel tidak
      rata seluruhnya.

      coba perhatikan mana yang terjadi :)

  71. avant

    mas dani jual papan register untuk alas kaosnya ga??sama knok buat ngepasin screen ke papan kaosnya biar akurat. .
    makasih.

  72. Muhammad Tanwir

    mau nax mas Dani, sebnarx sberapa penting penggunaan TOP COAT untuk sablon kaos??? apakah membuat hasil sablon lebih awet, atau hax sekedar mengkilapkan saja???

    1. tokodanitokodani Post author

      Kalau seberapa penting? saya hanya bisa menjawab relatif bila menggunakan medium metal maka top coat amat penting, selain sebagai penutup medium metal juga menghasilkan warna yang lebih mengkilap.

      kalau menggunakan rubber bisa boleh digunakan bisa juga tanpa topcoat tidak mengapa.

      fungsi topcoat benar seperti yang anda ungkapkan, supaya hasil lebih awet, tidak mudah retak dan juga mengkilapkan.

  73. muksin

    mas dani beli lem meja berapa harganya…..merek apa ato lem apa gt istilah nya klo beli d toko2 sablon di daerah aq…aq dari kediri jawa timur

  74. ardybetha

    mas dani,,,
    saya mau tnya..jual alat untuk sablon manual atau tidak…??
    saya sedang mencari beberapa artikel untuk sablon dan cara sablon untuk mendapatkan sabonan yang berkualitas baik tentunya…!!!
    kalo boleh,,saya minta YM nya mas…
    terima kasih

  75. roeri

    hi, dani..salam kenal, bisa minta bantuannya, peralatan lengkap dan bahan2 dasar untuk membuat kaos sablon apa aja ( lengkap ya, mas ), trus teknik gradasi pewarnaan bisa dilakukan secara manualkah?

    1. tokodanitokodani Post author

      peralatan yang dibutuhkan sama seperti peralatan yang ada di artikel dengan judul PAKET PERANGKAT SABLON

      Untuk sablon gradasi tentu bisa dilakukan melalui manual. Hanya butuh ketelitian dan keakuratan supaya
      pas antara sablonan yang pertama dengan sablonan yang selanjutnya.

  76. ardybetha

    mas dani..saya mau tanya lagi..
    untuk membuat film sablon apakah harus menggunakan kertas kalkir..??
    masalahnya..kemarin saya coba ngeprint pakai kertas hvs biasa..tpi ga jadi..
    mhon infonya mas..
    terima kasih…

  77. adhi

    asalammualaikum mas dani saya mau tanya untuk sablon kaos bola yg bahannya egitu tipis mengunakan cat apa yah supaya tidak tembus di belakang atau ada cara lain ? thx:)

  78. mufidz

    pagi mas dani, kaos pada artikel diatas apakah juga di kasih lem agar menempel pada papan triplek alas, kalo memang pake lem, apa ya nama lemnya? di toko alat sablon apakah ada mas?

  79. budi

    bang,kalau saat menyablon tidak sengaja pasta terkena/belepotan dikaos,apa bisa dibersihkan ya?yang ke 2,apa bisa menggunakan majun untuk membersihkan screen saat menyablon untuk menghindari screen buntu.?thanks

    1. tokodanitokodani Post author

      jawab

      1. Bila belepotan saat disablon sebaiknya langsung dicuci kaosnya dengan menyemprotkan air dari arah dalam kaos, jangan dikucek tapi cukup disemprot dari dalam kaosnya. Bila tinda sudah mulai mengering tidak akan bisa, karena pasti akan ada bekas yang masih terlihat.

      2. Dengan Majun bisa, gunakan kain majun yang sudah dibasahi dengan air. Jangan lupa setelah dibasuh perlu dikeringkan juga dengan kain lap kering yang bersih.

      1. budi

        trima ksh sangat membantu,mau nanya lagi bang kalau boleh :),untuk cetak kekaos hasilnya tidak rata.saya menggunakan tinta rubber white.saya sudah naik 2 kali tapi msaih aja ada yang tipis,terus ada beberapa dot yang nga keluar tintanya.mohon pencerahannya.

        1. tokodanitokodani Post author

          Coba periksa tekanan rakel saat menggesut tinta di kain screen apakah seimbang atau tidak?
          Tinta selalu ada disisi bawah rakel atau tidak?
          ada beberapa faktor lainnya, nanti akan kami bahas di artikel mendatang.

  80. muammar

    terima kasih toko dani, artikelnya menarik
    kalau boleh usul toko dani bikin buku dong, khusus untuk belajar sablon manual. pasti banyak yang mau beli. saya order duluan. hee :-)

  81. aries

    om dani?
    kl bwt nyablon wrna pa hrz di dasarin pth dl om?
    Soal na saya kl lgsg wrna,
    wrna msh gelap om,
    Pdhl udh 2-3x sblon.
    Tp kl di dasarin wrna pth,
    pth na malah tembus ke blakang.
    Trz hsl na gk mo ntup rapet om,
    msh kliatan pori2 kaos nya.
    Mohon pencerahannya om?
    Sy pk tinta R270&R280&screen T54.

    skalian inboxin hrg meja portable nya ya om?

    mkasih sblm nya om..

    1. tokodanitokodani Post author

      untuk dibahan kaos dasar warna memang sebaiknya disablon putih terlebih dahulu.

      supaya dasar putih bisa tertutup oleh tinta warna selanjutnya maka harus dilakukan penyablonan
      yang tepat dan tidak bergeser sedikitpun.

      pakai screen 54T sebenarnya tidak akan tembus sampai kebelakang tintanya, mungkin saat penarikan
      karet rakel yang tekanannya berlebih sehingga akibatnya tinta sampai tembus kebelakang.

      harga meja sablon portable silahkan cek inboxnya mas.

  82. zee sabian

    Halo bang dan…
    Ceritanya Saya mao coba2 nyablon lg nih bang…dulu pernah tp ya gitu2 doank ga srius bang…heheheh..
    Bang dani buka kursus ya ???

    Info’y ya bang…makasi bang…

  83. Atta

    mas dani, tolong kasih link tentang jenis2 cat ato yg lain untuk sablon kaos. Beserta gambarnya ya mas.
    Saya msih awam. Pernah saya coba sablon kaos gelap pake vasde+pewarna tp kok hasiln warnanya gak cerah. Mksh.

  84. Jeff

    Mau tanya niech mas. kalo untuk sablon tinta putih gmana ya biar hasilnya ciamik. susah bener e..maklum ane ini masih rooky alias amatir bin pemula. tolong tips dan triknya. sekalian tinta apa yang bagus agar hasil bisa cemerlang. matur nuwun.

  85. Jodi

    Mas Dani. maaf, aku mau nanya lagi nih:
    1. Sablon separasi CMYK itu kan 4 warna(berarti 4 screen), nah kalo nyablonnya di baju hitam harus pake dasar putih, trus aku harus pake screen yg mana untuk sablon dasar putih?
    2. Urutan nyablon yg benar itu CMYK atau CYMK?
    Silahkan dijawab kalo ada waktu aja ya?
    Ok Terima Kasih Mas Dani. :)

    1. tokodanitokodani Post author

      1. pakai screen 61T – 77T dengan pasta R 440 untuk hasil maksimal

      2. saya pribadi CMYK tapi memang ada juga yang bilang dengan CYMK. Untuk CYMK silahkan anda coba buat eksperimen jadi tahu juga mana yang lebih baiknya.

      selama berkreasi.

  86. Jodi

    Mas Dani, aku selalu kerepotan mencocokan sablonan warna dasar dengan sablon kedua,biar lebih tebal gitu hasilnya? Maksudnya gini, aku nyablon Font/Teks di baju hitam dengan rubber white, trus begitu mau nimpa(ke 2 x ) di sablon yg sama dan screen yg sama dengan warna yang sama sering meleset, kadang teksnya miring atau menjadi lebih tinggi? Kenapa ya? Kalo udah gini kadang bikin stres, nyablon koq bisa bikin galau yah…. ;(

    1. tokodanitokodani Post author

      cup cup cup jangan terlalu galau, bukan mas sendiri koq yang mengalami, dan itu artinya waktu pengepasan pada ke 2 kalinya kurang teliti, jadi harus teliti supaya tidak meleset.

  87. petter

    misi gan,,numpang tanya…klo kursus di situ bisa ga?
    biar langsung bisa ,,tanpa harus gagal dan pengeluaran biaya banyak…

    via email yah gan jawabnya..

  88. yogga

    Gan, mau tanya nih,
    kenapa ya nyablon pake pasta karet CW pas cetak suka ga rata catnya berlubang2 gitu,
    apa ada yg salah dalam peracikan cat nya??
    berapa perbandingan nya sih buat pasta+blinder+pigment untuk pemakaian segelas aqua gelas :/

    1. tokodanitokodani Post author

      beli tinta CW dimana? coba tanyakan ditempat anda membeli karena kami tidak tau itu tinta apa.
      Kenapa tidak menggunakan tinta R. 270 atau R 330 saja mas.

  89. yogga

    KLO Pake Rubber masalah bolong nolong saat cetak itu karena apa ya gan??
    ap terlalu byk blinder atau kekentalan cat atau apa ya gan..
    gmn tuh solusi nya agar pd saat cetak tidak bolong2 hasil nya,,

    1. tokodanitokodani Post author

      selama ini kami tidak pernah mengalami kendala seperti itu, dicoba saja terlebih dahulu bila dirasa tinta terlalu kental coba di encerkan, begitu pula sebaliknya bila dirasa encer coba dikentalkan dan lihat hasilnya, apakah tetap sama terjadi bolong bolong gitu?

  90. bakti

    terima kasih atas sharing ilmunya pak..,
    owh iya saya mau tanya bagaimana cara memberi anleg..? biar mudah ngepasin sablon dasar sama sablon keduanya..terima kasih pak..

  91. agustinus

    boss…… kan dari tadi bahas cat R270/R280 dll….. bagaimana kalo dengan tinta jenis plastisol…. kualitasnya gimana??? trus kekurangan dan keunggulannyya apa??? trus screen yg cocok ukuran brapa???? mohon bantuanyya….

  92. anggahellstring

    Assalamua a’laikum Mas Dani…
    Mau tanya seputar tinta rubber / karet…
    Kondisi sekarang saya sedang coba tinta rubber (white dan color) dengan menggunakan screen T48 dan media / kaos berwarna gelap.
    Namun ada beberapa permasalahan :
    1. Kondisi tinta tembus ke media
    2. Kondisi process wipe / sablon tidak bisa 1x OK. Jadi harus naik sampai 2x or 3x.
    3. Ada suggest dari penjual cat rubber-nya ada tambah cairan (agar tidak cepet kering), namun hasilnya jadi encer dan hasilnya tidak fix dengan gambar ( beleber )

    Lalu ada tambah pertanyaan :
    1. Kalo tinta rubber white / color, agar hasilnya bisa 1x naik bisa OK ( contoh warna tinta putih, media gelap ) bagaimana caranya ? Contoh : penggunaan screen berapa, tinta rubber dicampur dengan cairan lain atau original ? Dsb.

    Maaf banyak tanya…

    Thanks and regards
    Angga

    Note : mohon reply juga ke email saya :

    1. tokodanitokodani Post author

      jawab
      1, tembus bisa dikarenankan penekanan yang berulang sehingga menyebabkan tinta tembus kedalam. Bisa juga karena tinta terlalu encer/cair.
      2. minimal memang harus 2x gesut
      3. cairan pelambat keringnya jangan terlalu banyak.

      pakai R 330 dengan screen 25T sudah cukup.

      1. anggahellstring

        Mas Dani… Maaf tanya lagi…

        Suggest dari Mas Dani untuk hasil tinta rubber agar 1x gesrut hasilnya OK, bisa pakai screen T25.
        Yg mau ditanyakan adalah, untuk tinta rubber-nya benar2 original atau pakai cairan yg lain ( ex: pengental or pelambat kering )…

  93. yogga

    gan, klo nyablon d bahan sweater kaya fleece/daidora/baby terry..itu pake rbber brp ya???screen nya berpa???pake screen t36 bs max ga/

    1. tokodanitokodani Post author

      mau dicampur suatu bahan tambahan dengan tujuan apa? jadi harus spesifik mau ditambahkan supaya apa?
      ambil contoh bila makan bakso, mau ditambah apa? kan tidak mungkin bakso yang sudah terasa pedas lalu ditambahkan sambal lagi atau sudah asin mau ditambah garam lagi?
      jadi tujuannya ditambah suatu bahan harus dijelaskan terlebih dahulu, jadi tidak main asal ditambahakn gitu nanti malah tidak maksimal hasilnya.

    1. tokodanitokodani Post author

      menggunakan 1 screen, dengan 3 warna hitam, hijau dan merah. Kebetulan 1 screen cukup untuk 3 warna tersebut.

  94. Tito

    salam mas dani…
    artikel yg saya baca baca semua sebagian sudah di peraktekan dan berhasil untuk sablon media kain, nah saya mau tanya ni mas dani untuk sablon stiker dengan cat emas itu campurannya apa saja yah mas ? seblumnya terima kasih untuk ilmunya :)

  95. sukir

    permisiii…mau nanya nih..ada jual Cairan Liquid Power Coating gak???klo ada brp hrganya???bisa d kirim gak k tempat saya..Kota Tarakan Kalimantan Timur…trims sblmnya
    :)

  96. satrio

    selamat sore mas dani saya mau tanya, kalau untuk sablon kaos bahan cotton combed 20, sbaiknya pakai jenis rubber apa ya ?
    dan harga per kilo nya berapa ?
    kirim ke email saya saja mas.
    terima kasih.

  97. Caesar

    Mau nanya nih mas…!
    1. Berapa ukuran screen yg pas buat nyablon karung plastik (sak pakan ternak).
    2. Jenis tinta dan pengencernya.
    Soalnya saya coba pakai screen T 120 dan tinta untk plastik hasilnya tidak rata
    dan cepat kering pada screen, kalau di kasi pengencer malah bleber. Mohon infonya mas dan trimakasih.

  98. Muhammad Hanif

    hallo mas dani, terimakasih sudah banyak membantu .
    saya mau tanya cara membersihkan tinta pada screen sablon yang benar gimana yah ?
    beberapa kali selalu saja ada hasil afdrukan saya yang rusak pada saat saya membersihkan sisa” tinta ….
    mohon bantuannya, trimakasih ….

    1. tokodanitokodani Post author

      hasil afdrukan menjadi rusak saat membersihkan tinta, ini bisa disebabkan saat pembersihan tinta yang kurang lembut saat membasuhnya, namun bisa juga disebabkan oleh waktu penyinaran afdruk yang kurang lama sedikit, coba tambahakn waktu penyinaran 5 – 10 % dari waktu penyinaran sebelumnya dan cara yang lain supaya afdrukan lebih kuat tentu dengan menggunakan penguat afdruk seperti harter ataupun Screen LAK.

      semoga terbantu.

      1. Muhammad Hanif

        saya sudah mencoba dengan menambah waktu penyinaran tetapi belum mencoba dengan penguat afdruk, segera saya akan coba .
        sebelumnya saya membersihkan dengan lembut tetapi terlihat seperti sisa” tinta masih banyak yang tertinggal di mesh, lalu saya smprot dengan tekanan air yang keras memang bersih, tapi dengan hasil afdrukan saya yang sebagian rusak rusak .hehe
        apakah mesh yang terlihat menghitam masih normal, apa harus benar” besih mas ?
        trimakasih

        1. tokodanitokodani Post author

          mesh yang masih terlihat hitam bisa karena memang masih mampat, tapi bisa juga karena itu sisa tinta yang tertinggal diserat benang mesh tersebut yang bisa disebut banyangan, untuk mengeceknya bisa diterawang ke arah lampu, bila sinar lampu tembus melewati tempat yang terlihat hitam itu maka itu disebut bayangan dan tidak masalah untuk menyablon berikutkan pengecualian bila anda menyablon raster maka perlu dihilangkan terlebih dahulu bayangan tersebut dengan cara yang bisa anda baca DISINI, namun bila hanya menyablon blok atau bukan yang raster maka bayangan tersebut bisa diabaikan.

  99. widi

    mas saya mau tanya untuk sablon timbul cara dan bahannya apa aja ya? trus untuk extender sebenarnya perlu nda dicampur dengan tinta atau cukup tinta+rubber aja. tks banget ya mas. btw ada pin ato nmr yang bisa dihubungi wat belajar nda mas soalnya saya di jawa. trims banget.

  100. widi

    mau tanya mas,
    1. kalau mau sablon timbul pakainya apa ya mas,
    2. kalau sablon kaos biasa campurannya hanya rubber+tinta atau perlu dicampur extender?
    3. maaf, ada pin atau cp wat sms nda ya?
    terima kasih

    1. tokodanitokodani Post author

      1 untuk hasil timbul bisa gunakan tinta timbul / foaming timbul
      2. cukup rubber + warma saja
      3. gak pake pin dan gak mainan SMS.

  101. fero

    mas, kok saya pas abis di sablon, saya angkat screen nya dari kaos, tapi cat yang masih basah nempel di screen jadi pas saya angkat screen nya maah rusah sablonan nya, mohon penjelasan nya mas

  102. Abdi

    mohon saran nya ya mas Dani…
    sy mau nyablon di bahan kain combed 20s, baik nya pake tinta apa dan screen ukuran berapa ya..?
    kalo bisa ama harga nya di inbox in ya mas…
    makasih…

  103. sapta

    mas dani mau nanya mas,
    jika saya mau sablon di kaos katun kombat hitam & warna pada kain 20s&24s bagusnya menggunakan rubber apa? begitu juga dengan screennya bagusnya screen yang berapa?
    sablon superwhite itu yang bagaimana ya?cocoknya di kain yang bagaimana?
    masih newbie mas.
    terima kasih

  104. farhand

    Ms mau nanya , ,
    Cara sablon kaos utk underground/metal ,cara’a sma pa ga , , mksud’a tinta d pisah ” pa ga?? trus klo pke rubber /tinta kain ,perlu di tmbahin fernish ga?

    Thank’s ♥

    1. tokodanitokodani Post author

      gambar kalau berwarna ya tentu harus dipisah pisah untuk masing masing warna.
      penambahan varnish hanya untuk hasil lebih mengkilap.

  105. wawahyuas

    pak mau tanya, itu cuma 1x naik?, hasil sablon apa gak terlalu tipis?, kalo boleh tau pake pasta apa?,..soalnya saya lagi belajar nyablon,selama ini pake pasta GL standar, kalo habis dicuci pasti langsung rontok n pecah2 kalo kaos di tarik, padahal sudah saya lapisi sampe 3x naik dan di setrika,…hasilnya pun tidak mengkilat,..kalo boleh minta saran pasta apa yang bagus, agar hasilnya lentur n mengkilat, harganya berapa, sama bisa kirim ke tempat saya gak?, banyumas, jateng. maaf byk tanya, mkasih sbelumnya kalo berkenan menjawab.

  106. heri

    1. Untuk sablon 3 warna kayak gitu berapa kali naik per warnanya?
    2. Itu pake screen ukuran brp?
    3. Untuk hasil yang baik, apakah perlu dikasih jarak antara screen dengan media yang akan disablon?
    makasih atas responnya…

    1. tokodanitokodani Post author

      1. coba dibaca lagi artikel diatas deh, sudah kami jelaskan berapa kalinya tuh:)

      2. pakai screen 77T

      3. kalau untuk ngeblok sebaiknya dikasih jarak, kalau seperti diatas tanpa jarak pun masih baik.

      1. heri

        Dua lagi mas…
        1. Untuk sablon rubber warna putih ke kain gelap. Perlu dikasih binder apa cukup rubber white aja?
        2. Apakah berbahaya bagi hasil sablonan bila rubber warna dicampur pigmen + binder + Glyserin (softener)?

        Thanks so much!!!
        Bravo Toko Dani.com

        1. tokodanitokodani Post author

          1. Cukup rubber white saja, tapi bila menginginkan ditambah binder boleh boleh saja asalkan tidak berlebih nanti jadi terlalu encer.

          2. Berbahaya dalam arti apa? kalau bereaksi seperti terbakar tentu tidak.

  107. syahrull

    Mau nanya pak dani, kalo sablonnya di tindih bakalan berubah warna gk ya ?? Misalnya pertama kita nyablon warna merah terus di tindih dengan warna hijau, nah apa bakal berubah jadi warna kuning tuh.

    Pemula ni pak.

    1. tokodanitokodani Post author

      kalau menggunakan tinta medium extender tentu akan berubah, tapi bila menggunakan pasta rubber colour tidak akan berubah.

  108. zikro

    mas dani numpang nanya nih mas..kalau mau bikin bendera dengan bahan satin biasanya pake screen sama tinta apa ya mas..thanks be for :D

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>